Infojalanjalan

Pulau Badul: Menikmati Keindahan Taman Nasional Ujung Kulon dengan Snorkeling”

Pulau Badul – Taman Nasional Ujung Kulon adalah sebuah kawasan yang mengagumkan dengan keberagaman flora dan fauna yang luar biasa serta keindahan alam yang menakjubkan. Terkenal sebagai lokasi pelestarian badak bercula satu yang hampir punah, Taman Nasional Ujung Kulon juga dikenal dengan keindahan perairannya yang menakjubkan, dihiasi dengan pulau-pulau dan pantai-pantai yang tak terhitung jumlahnya. Salah satu destinasi yang patut dikunjungi saat berada di Taman Nasional Ujung Kulon adalah Pulau Badul, sebuah pulau kecil di tengah laut yang menawarkan pengalaman snorkeling yang luar biasa.

Mengenal Lebih Jauh Pulau Badul

Lokasi Pulau Badul

Untuk mengetahui posisi Pulau Badul, akan lebih jelas kita gunakan peta berikut ini:

Pulau Kecil yang Sepi Penghuni

Jika Anda berpikir dapat mendirikan tenda atau menginap di cottage yang nyaman di Pulau Badul, Anda akan terkejut karena pulau ini hanyalah seutas gundukan pasir yang tidak berpenghuni. Pulau ini hanya memiliki beberapa pohon yang tumbuh, namun tidak cukup untuk memberikan perlindungan bagi pengunjung yang datang. Namun, berkat luasnya pantainya dan pasir putih yang sangat halus, Anda bisa menjelajahi pulau sambil menikmati pemandangan laut yang mengelilinginya.

Pulau Badul Pandeglang Banten

Salah satu kegiatan yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Pulau Badul adalah snorkeling. Meskipun terumbu karang dan ikan-ikan kecilnya dapat dilihat dengan mata telanjang, pengalaman menyelam di perairan yang masih sangat alami di Pulau Badul adalah pengalaman yang tak terlupakan. Terumbu karangnya masih dalam kondisi alami dan terjaga dengan baik, menciptakan pemandangan bawah laut yang indah. Terumbu karang ini tidak hanya terdapat di laut, tetapi juga menjalar hingga ke sekitar pulau, sehingga Anda perlu berhati-hati saat berjalan di tepi pulau. Selama penyelaman yang lebih dalam, Anda bahkan dapat bertemu dengan patung badak bercula, simbol dari Taman Nasional Ujung Kulon yang juga menjadi rumah bagi biota laut di sekitar Pulau Badul.

Tidak ada tempat penyewaan peralatan snorkeling di pulau ini, jadi Anda bisa menyewa peralatan dari kapal yang membawa Anda ke pulau atau membawa peralatan Anda sendiri. Saat masuk ke air, perlu berhati-hati terhadap arus yang mungkin cukup kuat, agar tidak terbawa jauh dari pantai.

Snorkeling di Pulau Badul Taman Nasional Ujung Kulon Pandeglang Banten

Baca Juga:

Cara Mencapai Pulau Badul

Pulau Badul terletak di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, dan dapat diakses dengan menaiki perahu dari Desa Sumur atau Desa Taman Jaya di Ujung Kulon. Biasanya, perahu nelayan mengenakan biaya sekitar Rp300.000 dan dapat mengangkut hingga 15 orang. Oleh karena itu, lebih baik jika Anda pergi bersama teman-teman saat mengunjungi pulau ini.

Selama perjalanan singkat menuju Pulau Badul, Anda akan disuguhi pemandangan laut lepas dengan warna air laut yang menakjubkan, dengan gradasi tosca dan biru. Jika Anda melihat ke belakang, Anda akan melihat Gunung Honje yang menjulang di kejauhan. Perjalanan ini tidak memakan waktu lama, dan kapal akan bersandar sekitar 25 meter sebelum mencapai Pulau Badul, memungkinkan Anda untuk turun dan berenang ke pulau. Waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini adalah pagi atau sore menjelang matahari terbenam. Jika Anda datang di siang hari, pastikan untuk menggunakan tabir surya dan topi untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari langsung. Selamat berlibur!

Leave a Reply

error: Content is protected !!