Infojalanjalan

Jelajahi Gunung di Jawa Barat untuk Pendakian Seru…!

Gunung di Jawa Barat untuk Pendakian – Jawa Barat, dengan keindahan alamnya yang memikat, adalah tempat yang tepat bagi pecinta pendakian. Namun, jika Anda memiliki rutinitas yang padat dan waktu terbatas, kami punya solusi: menjelajahi gunung-gaung eksotis ini dalam sehari! Dalam artikel ini, kami akan memberikan referensi tentang beberapa gunung di Jawa Barat yang dapat Anda daki dalam sehari.

Sebelum kita mulai, penting untuk mencatat bahwa persiapan yang matang adalah kunci kesuksesan dalam pendakian. Jadi, pastikan Anda telah mempersiapkan segalanya dengan baik, mulai dari kesiapan mental dan fisik hingga peralatan yang tepat, serta pengetahuan tentang gunung yang akan Anda kunjungi.

5 Gunung di Jawa Barat untuk Pendakian Anda

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan Jawa Barat untuk pendakian

Pertama-tama, ada Gunung Papandayan. Gunung ini adalah salah satu favorit di Jawa Barat, terutama bagi pendaki pemula di Garut dan sekitarnya. Gunung Papandayan memiliki ketinggian 2.665 Mdpl. Untuk mencapai puncak, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 3 hingga 5 jam dengan jalur trekking yang naik dan landai. Di sini, Anda akan menemukan banyak kawah vulkanik yang menakjubkan, padang edelweis yang indah, dan hutan mati yang epik.

Gunung Gede

Gunung di Jawa Barat untuk Pendakian - Gunung Gede

Berikutnya ada Gunung Gede. Gunung ini yang terletak di perbatasan Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Gunung Gede memiliki ketinggian 2.958 Mdpl. Meskipun terdapat tiga jalur pendakian, jika Anda ingin mendaki dalam sehari, lebih baik hindari jalur Selabintana. Anda bisa memilih jalur Gunung Putri atau Cibodas. Setiap jalur memiliki kelebihan dan kekurangannya. Jalur Gunung Putri memiliki jarak yang lebih pendek dibandingkan dengan Cibodas, tetapi jalur ini cukup terjal.

Gunung Burangrang

Mendaki asyik di Gunung Burangrang Jawa Barat

Kemudian ada Gunung Burangrang. Gunung ini terletak di Bandung Utara dan berbatasan dengan Purwakarta. Gunung yang memiliki ketinggian 2.050 Mdpl ini merupakan destinasi yang menarik untuk dijelajahi. Saat ini, terdapat dua rute menuju puncak, yaitu dari Legok Haji dan Purwakarta. Jalur trekking yang menanjak akan memacu adrenalin Anda. Anda bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan bahkan sebelum mencapai puncak. Dari basecamp ke puncak hanya memerlukan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam.

Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol - Gunung di Jawa Barat untuk Pendakian

Berikutnya ada Gunung Batu Jonggol. Gunung ini berketinggian 875 Mdpl dan terletak di Desa Sukaharja, Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Meskipun tidak terlalu tinggi, jalur pendakiannya cukup terjal dan memacu adrenalin. Bahkan ada seutas tali untuk membantu Anda mendaki di jalur yang hampir mencapai 90 derajat dan berhadapan dengan jurang. Pastikan Anda berhati-hati karena tidak ada pengaman di sisi-sisi jalur ini.

Baca Juga:

Gunung Manglayang

Gunung Manglayang di Jawa Barat untuk pendaki Pemula

Terakhir, ada  Gunung Manglayang. Gunung ini terletak di antara Kota Bandung dan Sumedang, Gunung Manglayang dengan ketinggian 1818 Mdpl adalah gunung terendah di Kabupaten Bandung. Meskipun trekkingnya dianggap cukup ekstrem karena jalur yang curam dan berbatu, gunung ini populer di kalangan pendaki pemula. Pendakian menuju puncak hanya memerlukan waktu 3 hingga 4 jam melalui jalur bumi perkemahan situs Batu Kuda. Anda akan disuguhi pemandangan indah mulai dari hutan pinus hingga puncak gunung yang dipenuhi oleh pohon berlumut. Di malam hari, Anda dapat menikmati cahaya kota Bandung yang berkilauan.

Jadi, jika Anda memiliki hasrat mendaki namun waktu terbatas, ini adalah referensi Gunung di Jawa Barat untuk Pendakian, yang dapat Anda kunjungi dalam sehari. Jangan lupa untuk selalu menjaga keselamatan dan merencanakan pendakian Anda dengan baik. Selamat menjelajah!

Leave a Reply

error: Content is protected !!