Infojalanjalan

Menaklukkan Puncak Tinggi Amerika : Mengenal Lima Gunung Tertinggi di Benua Amerika

Gunung Tertinggi di Benua Amerika – Benua Amerika, dengan keindahan alamnya yang luar biasa, menyimpan sejumlah gunung tinggi yang menantang untuk didaki. Jika petualangan mendaki gunung adalah cita-citamu, khususnya di Amerika Selatan, Argentina adalah destinasi yang tepat. Di sana, terdapat beberapa gunung megah dengan ketinggian melebihi 6.000 meter di atas permukaan laut. Mari kita simak lebih lanjut, sobat pencinta alam!

Daftar Gunung Tertinggi di Benua Amerika

1. Gunung Aconcagua, Argentina

Gunung Aconcagua, Argentina Benua Amerika

Prestasi sebagai gunung tertinggi di Benua Amerika dipegang oleh Gunung Aconcagua, yang menjulang gagah di Argentina. Ketinggian mencapai 6.961 meter di atas permukaan laut, menjadikannya tantangan serius bagi para pendaki. Meski tinggi, jalur pendakian utara relatif mudah dilalui tanpa perlengkapan khusus seperti yang biasa digunakan di gunung tertinggi di Asia.

2. Gunung Ojos del Salado, Argentina dan Chili

Gunung Ojos del Salado, Argentina dan Chili - Gunung tertinggi di amerika

Di perbatasan Argentina dan Chili, terdapat Gunung Ojos del Salado, gunung tertinggi kedua di Benua Amerika dengan ketinggian sekitar 6.893 meter di atas permukaan laut. Menariknya, gunung ini bukan hanya gunung tertinggi, tapi juga gunung berapi tertinggi di dunia yang masih aktif. Selama pendakian, pengunjung mungkin akan mencium aroma belerang yang khas.

3. Gunung Monte Pissis, Argentina

Gunung Monte Pissis, Argentina Amerika

Gunung tertinggi di Benua Amerika berikutnya adalah Gunung Monte Pissis yang berada di negara Argentina. Gunung Monte Pissis tergolong dalam jajaran gunung tertinggi di Benua Amerika dengan ketinggian mencapai 6.793 meter di atas permukaan laut. Nama gunung ini diambil dari seorang ahli geologi Prancis, Pedor Jose Amadeo Pissis, yang berperan penting dalam dunia kartografi. Iklim kering dan keberadaan gletser besar di sekitar gunung menambah daya tariknya.

4. Gunung Huascaran, Peru

Gunung tertinggi di benua Amerika - Gunung Huascaran, Peru

Gunung Huascaran, yang juga dikenal sebagai Nevado Huascara dan Mataraju, adalah gunung tertinggi di Peru dan berada di urutan keempat tertinggi di Benua Amerika. Dengan ketinggian mencapai 6.768 meter di atas permukaan laut, gunung ini mendapat julukan ‘Mataraju’, berasal dari bahasa Ancash Quechua yang merujuk pada puncak kembar bersalju di gunung ini.

Baca Juga:

5. Gunung Cerro Bonete, Argentina

Gunung Cerro Bonete, Argentina

Terakhir, ada Gunung Cerro Bonete, atau dikenal sebagai Gunung Bonete Chico, yang merupakan gunung tertinggi kelima di Benua Amerika dengan ketinggian mencapai 6.759 meter di atas permukaan laut. Gunung ini juga memiliki keliling terbesar di dunia, memerlukan waktu sekitar dua minggu untuk menaklukkannya. Pendaki dapat bermalam di Veladero Refuge, base camp di ketinggian 4.400 meter di atas permukaan laut.

Itulah deretan gunung tertinggi di Benua Amerika yang menantang untuk ditaklukkan. Berani mencoba salah satunya? Persiapkan fisik dan mentalmu, dan nikmati keindahan alam yang menakjubkan di puncak-puncak tertinggi ini!

Leave a Reply

error: Content is protected !!