Infojalanjalan

Desa Wisata Towale: Pesona Alam dan Budaya di Sulawesi Tengah

Desa Wisata Towale merupakan destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, yang terkenal dengan keindahan alamnya, salah satunya adalah sumur alami yang disebut Pusentase. Desa ini juga meraih Juara 2 dalam kategori Souvenir pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, karena menjadi sentra penghasil tenun Donggala. Selain itu, Desa Wisata Towale juga memegang rekor MURI sebagai desa wisata dengan jumlah pengrajin tenun terbanyak. Berikut adalah ulasan tentang Desa Wisata Towale.

Lokasi Desa Wisata Towale

Berikut lokasi Desa Wisata Towale dengan menggunakan google Maps:

Apa yang Menarik di Desa Wisata Towale?

Salah satu daya tarik utama di Desa Wisata Towale adalah sumur alami yang disebut Pusentase, yang berarti ‘pusat laut’. Sumur ini memiliki diameter sekitar 10 meter dengan kedalaman sekitar 7 meter. Pengunjung sering berenang di sini, seringkali melompat dari ketinggian untuk masuk ke dalam sumur. Konon, mandi di Pusentase dapat membuat seseorang awet muda.

sumur alami Pusentase di desa wisata Towale

Lokasi Pusentase berada di Pantai Towale yang terkenal dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Pengunjung juga dapat melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut. Pada sore hari, Pantai Towale menjadi tempat yang populer untuk menikmati matahari terbenam sambil bersantai di pantai. Lokasi Pantai Towale yang terletak di sisi barat Pulau Sulawesi menawarkan pemandangan matahari terbenam yang memukau. Pengelola destinasi ini telah menyiapkan spot khusus bagi para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan tersebut dengan leluasa.

Pantai Towale

Selain wisata alam, Desa Wisata Towale juga memiliki warisan budaya yang kaya, salah satunya adalah ritual Mandi Bulava Mpongeo. Dalam ritual ini, patung berbentuk sepasang pengantin yang terbuat dari emas dimandikan. Masyarakat setempat percaya bahwa patung ini memiliki kekuatan khusus dan bisa mengeluarkan suara mirip kucing. Ritual ini biasanya dilakukan saat perayaan tahun baru Islam dan bertujuan untuk menolak bencana.

kain tenun Donggala

Selain berwisata, pengunjung juga dapat membeli sarung tenun Donggala sebagai oleh-oleh. Desa ini terkenal sebagai salah satu sentra produksi tenun Donggala di Kabupaten Donggala. Banyak penenun di desa ini adalah generasi ketujuh dari keluarga penenun tradisional, sehingga kualitas kain tenun Donggala sangat dihargai.

Baca Juga:

Bagaimana Cara Menuju Desa Wisata Towale?

Desa Wisata Towale berjarak sekitar 112 kilometer dari pusat Kabupaten Donggala dan 49 kilometer dari Palu, ibu kota Sulawesi Tengah. Jika Anda berangkat dari Donggala, perjalanan dengan mobil akan memakan waktu sekitar 2 jam. Sementara itu, jika Anda berangkat dari Palu, perjalanan hanya akan memakan waktu sekitar 90 menit. Jangan khawatir tentang akomodasi, karena di Desa Wisata Towale terdapat banyak homestay dan villa yang nyaman dengan fasilitas lengkap.

Itulah sedikit ulasan tentang Desa Wisata Towale, destinasi yang menawarkan pesona alam dan budaya yang unik di Sulawesi Tengah. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini dalam perjalanan Anda berikutnya?

Leave a Reply

error: Content is protected !!