Infojalanjalan

Desa Wisata Sauwandarek: Menikmati Keindahan Alam Bawah Laut Raja Ampat

Desa Wisata Sauwandarek – Raja Ampat dikenal sebagai salah satu destinasi wisata alam terkenal di Indonesia yang juga mendapat pengakuan internasional. Keberagaman alam dan kehidupan laut yang dimiliki kawasan perairan ini membuat pengunjung tak bisa menghindar dari pesonanya. Salah satu tempat menarik di Raja Ampat adalah Desa Sauwandarek yang terletak di Distrik Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Desa ini bahkan pernah dikunjungi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, yang terkesima dengan keindahan bawah lautnya.

Menteri Sandiaga melaporkan bahwa saat menyelam di Sauwandarek, ia menyaksikan beragam biota laut seperti penyu, hiu, ikan nemo (clown fish), dan terumbu karang berwarna-warni. Potensi pariwisata bahari di Kabupaten Raja Ampat dinilainya sangat besar.

Untuk lebih memahami pesona Desa Wisata Sauwandarek dan keindahan alam bawah lautnya, mari simak ulasan berikut ini.

Hal-Hal Menarik di Desa Wisata Sauwandarek

Aktivitas Wisata yang Mengagumkan

Diving di Desa Sauwandarek

Di Desa Sauwandarek, Anda bisa menikmati panorama alam yang memikat hati. Selain itu, aktivitas menyelam di sini juga akan membawa Anda berjumpa dengan berbagai biota laut menakjubkan seperti kuda laut mini, udang mantis, ikan mandarin, blue ring octopus, ekor kuning, dan kakap. Selain menyelam atau snorkeling, diving juga bisa menjadi pilihan ketika Anda berkunjung ke Desa Sauwandarek, karena daerah Selat Dampier memiliki beberapa titik menyelam yang menakjubkan.

Pesona Telaga Yenawyau

Telaga Yenawyau Raja Ampat Papua

Meskipun Telaga Yenawyau tidak lagi memiliki gua yang menghubungkannya dengan laut, tempat ini tetap populer berkat panorama alam yang mempesona dan mitos yang melekat di masyarakat. Konon, pengunjung yang beruntung dapat melihat penyu putih dan akan mendapatkan keberuntungan.

Selain itu, jarak sekitar 25 kilometer dari telaga tersebut, terdapat dermaga di mana Anda dapat menikmati keindahan alam sekitar dan melihat Maleo Waigeo, burung endemik Papua yang hampir punah.

Akses Transportasi yang Mudah

Transportasi menuju Desa Wisata Sauwandarek,

Jika Anda berminat untuk mengunjungi Desa Sauwandarek, Anda dapat menggunakan transportasi darat atau laut menuju Kota Sorong. Dari sana, perjalanan dapat dilanjutkan menuju Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat. Anda bisa memilih antara speedboat atau kapal pemerintah, yang memerlukan waktu sekitar 4 jam menuju tujuan berikutnya. Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan perahu selama sekitar 7 hingga 8 jam untuk mencapai destinasi wisata ini.

Baca Juga:

Kehidupan Sehari-hari Warga Lokal yang Menarik

Desa Wisata Sauwandarek - Kehidupan sehari-hari

Selama kunjungan Anda ke Desa Sauwandarek, Anda akan merasakan suasana tradisional yang kuat. Rumah-rumah di sini terbuat dari material kayu dan memiliki atap dari jerami dan daun. Selain itu, Anda akan menemukan kerajinan tas dan topi yang terbuat dari daun pandan laut, hasil kreativitas warga lokal di Desa Sauwandarek. Meskipun merupakan kerajinan tangan, Anda dapat membelinya dengan harga terjangkau, sekitar Rp25 ribu hingga Rp50 ribu. Ini adalah oleh-oleh yang sempurna untuk dibawa pulang.

Leave a Reply

error: Content is protected !!