Infojalanjalan

Pesona Danau Biru Bintan: Oase Tersembunyi di Gurun Pasir Indonesia

Danau Biru Bintan – Bagaimana perasaan Anda saat mendengar atau membaca kata “gurun”? Mungkin Anda membayangkan negara Arab dengan padang pasir tandus yang dihiasi oleh unta yang membawa perbekalan. Tapi tahukah Anda bahwa di Indonesia juga terdapat gurun pasir yang tak kalah indah dengan gurun Timur Tengah? Bahkan lebih menakjubkan karena di dalamnya terdapat sebuah danau biru yang memukau. Bayangkan betapa indahnya!

Area Tambang yang Terbuang

Siapa sangka destinasi wisata unggulan di Bintan ini sebelumnya adalah bekas tambang? Danau Biru Bintan awalnya adalah tempat penambangan bauksit dan pasir untuk ekspor luar negeri, yang sekarang sudah berhenti beroperasi. Material pasir yang tidak terpakai berubah menjadi gundukan pasir yang indah seperti gurun pasir sungguhan dengan luas sekitar 6.000 hektar. Selain itu, ada bekas lubang tambang yang terisi air hujan, dan seiring berjalannya waktu, lubang tersebut berubah menjadi danau. Danau ini yang sekarang menjadi primadona dan dikenal sebagai Danau Biru Bintan.

Danau Biru Bintan Riau Indonesia yang mempesona

Dari kejauhan, tampak gundukan pasir putih dengan batuan merah kecoklatan yang sangat cantik, kontras dengan langit berwarna biru. Meskipun gurun di Danau Biru ini tidak terbentuk secara alami, penduduk sekitar bahkan membandingkannya dengan Gurun Sahara di Afrika. Untuk menambah keseruan suasana gurun, bahkan terdapat replika hewan seperti unta di depan gundukan pasir ini, membuat suasana seperti di Timur Tengah semakin terasa. Jangan lupa berfoto karena pemandangan gurun pasir seperti ini sulit ditemukan di tempat lain!

Danau Biru yang Memukau

Seolah seperti oase di tengah padang pasir tandus, Danau Biru ini menarik perhatian siapa pun yang datang. Danau ini terlihat segar dan menyegarkan. Setelah lelah berpanas di gurun, pasti Anda ingin segera mencoba berenang di sini. Warna air yang toska kebiruan membuat setiap pengunjung tergoda untuk bermain air. Tenang saja, Anda boleh berenang di Danau Biru ini!

Jika tidak ingin berenang, Anda bisa berjalan di atas dermaga kayu yang membentang dari tepi danau hingga ke tengah Danau Biru. Dari atas dermaga, Anda bisa melompat langsung ke danau atau menikmati pemandangan bukit pasir di belakang danau yang begitu indah. Jika Anda ingin menikmati keindahan Danau Biru dengan cara lain, Anda bisa naik perahu atau kano yang disediakan oleh pengelola.

Namun, ingatlah bahwa ini adalah area gurun pasir, jadi pastikan Anda memakai topi dan tabir surya karena tidak ada tempat berteduh dari sinar matahari. Jadi, siapkan sunscreen sebelum kulit Anda terkena matahari!

Baca Juga:

Menuju Danau Biru

Danau Biru terletak di Dusun Busung, Kecamatan Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, dan mudah dijangkau karena berada di pinggir jalan. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Bandara RHF Tanjungpinang dan Pelabuhan Tanjungpinang. Tidak ada biaya tiket masuk, tetapi pengunjung dikenakan biaya parkir motor sebesar Rp2.000, parkir mobil sebesar Rp5.000, biaya foto Rp5.000, dan biaya naik perahu atau kano sebesar Rp20.000 jika Anda ingin menjelajahi Danau Biru.

Leave a Reply

error: Content is protected !!