Infojalanjalan

Gunung Tertinggi di Eropa: Puncak-Puncak Menakjubkan untuk Dijelajahi

Gunung Tertinggi di Eropa –┬áKetika berbicara tentang Eropa, mungkin yang terlintas dalam pikiran Anda adalah keindahan kota-kota bersejarah, tetapi tahukah Anda bahwa Eropa dan Asia masih terhubung sebagai satu benua? Mereka dipisahkan oleh Pegunungan Ural yang membentang di bagian utara dan selatan Rusia. Meskipun demikian, orang-orang Eropa sangat menekankan perbedaan budaya mereka dengan Asia.

Bicara soal alam Eropa, benua ini memiliki beberapa gunung tertinggi, terutama di wilayah Eropa Timur, terutama di Pegunungan Alpen. Meskipun tidak setinggi gunung-gunung di Asia, gunung-gunung di Eropa ini layak untuk didaki. Mari kita lihat beberapa gunung tertinggi di Eropa.

Daftar Puncak Tertinggi di Eropa untuk Pendakian Seru

Gunung Elbrus

Gunung Elbrus - Taman Nasional Prielbursye Rusia

Gunung Elbrus menduduki posisi tertinggi sebagai gunung tertinggi di Eropa. Terletak di Taman Nasional Prielbursye, Rusia, gunung ini memiliki ketinggian mencapai 5.642 meter di atas permukaan laut dan termasuk dalam Pegunungan Kaukasus. Untuk memudahkan pendakian, tersedia fasilitas sky lift di wilayah Prielbrusie. Kereta gantung ini akan membawa Anda hingga Stasiun Garabashi, yang terletak pada ketinggian 3.850 meter di atas permukaan laut. Dari sana, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke puncak dengan berjalan kaki melalui jalur pendakian bersalju yang ekstrem dan dingin.

Gunung Dykh-Tau

Puncak tertinggi di eropa untuk pendakian - Gunung Dykh-Tau

Gunung Dykh-Tau adalah gunung tertinggi kedua di Eropa, dengan ketinggian mencapai 5.205 meter di atas permukaan laut. Nama gunung ini diambil dari bahasa Turki “dik dagh,” yang berarti “gunung bergerigi.” Gunung ini terletak di Kabardino-Balkaria, Rusia, dan juga termasuk dalam Pegunungan Kaukasus. Jika Anda ingin mendaki gunung ini, Anda dapat mengambil rute dari utara Rusia, khususnya dari Nalchik menuju Kabardino-Balkaria. Anda dapat menyewa kendaraan 4WD yang akan membawa Anda hingga Kamp Alpen Bezingi, yang terletak pada ketinggian 2.180 meter di atas permukaan laut. Dari titik tersebut, Anda memerlukan waktu sekitar dua hari untuk mencapai puncaknya.

Gunung Shkhara

Gunung Shkhara di eropa

Gunung Shkhara terletak di perbatasan antara Georgia dan Rusia dan memiliki ketinggian 5.203 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut, gunung ini merupakan gunung tertinggi ketiga di Eropa dan juga gunung tertinggi di Georgia. Gunung ini memiliki beberapa jalur pendakian, salah satunya adalah Tembok Bezengi, yang merupakan punggung gunung sepanjang 11-12 km. Jalur ini dianggap sebagai pendakian terpanjang dan ekspedisi paling sulit di Eropa.

Gunung Mont Blanc

Gunung Mont Blanc - Gunung tertinggi di eropa

Gunung Mont Blanc atau Monte Blanco adalah gunung tertinggi keempat di Eropa dan merupakan bagian dari Pegunungan Alpen. Dengan ketinggian mencapai 4.807 meter di atas permukaan laut, gunung ini terletak di perbatasan Prancis dan Italia. Selain terkenal sebagai tujuan pendakian, Gunung Mont Blanc juga sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin bermain ski es.

Gunung Monte Rosa

Gunung Monte Rosa - Swiss - Italia

Gunung selanjutnya yang masuk dalam daftar gunung tertinggi di Eropa adalah Gunung Monte Rosa. Terletak di perbatasan Swiss dan Italia, gunung ini memiliki ketinggian 4.634 meter di atas permukaan laut. Sama seperti Gunung Mont Blanc, Gunung Monte Rosa juga merupakan bagian dari Pegunungan Alpen. Gunung ini memiliki dua rute pendakian, yaitu rute Monte Rosa Hut dan Couloir Marinelli. Monte Rosa Hut memiliki medan berbatu yang cukup mudah dilalui, sementara Couloir Marinelli adalah jalur curam di sisi timur gunung yang panjang dan ekstrem.

Itu tadi lima gunung tertinggi di Eropa yang menawarkan pengalaman pendakian yang menakjubkan. Apakah Anda berani mencoba mendaki salah satunya?

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: