Infojalanjalan

Gunung di Nusa Tenggara Barat, Menarik Untuk Destinasi Traveling…

Gunung di Nusa Tenggara Barat – Propinsi Nusa Tenggara Barat yang berada di wilayah Timur Indonesia, memiliki kekayaan alam yang luar biasa untuk dinikmati. Selain wisata baharinya yang keren, gunung-gunungnya pun sangat ciamik dan menantang untuk para hobiis hiking untuk melakukan pendakian.

Gunung di NTB tidak hanya Gunung Rinjani saja, ada beberapa gunung lain yang tidak kalah bagusnya. Mudah-mudahan ulasan singkat ini bisa menjadi referensi pendakian Anda selanjutnya Simak terus ya…..

Gunung-Gunung Keren di Nusa Tenggara Barat

Gunung Rinjani

Pendakian gunung rinjadi di Nusa Tenggara Barat

Gunung Rinjani merupakan gunung di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang sampai saat ini menjadi favorit bagi para pendaki gunung, baik pendaki dalam negeri maupun luar negeri. Gunung yang letaknya berada di Pulau Lombok ini memiliki ketinggian sekitar 3.726 mdpl dan terkenal dengan pemandangan danau kawah Segara Anak yang sangat indah. Akan Tidak sia-sia jika Anda berkesempatan untuk mendaki di jalur yang ekstrem, karena saat nanti sampai di puncak, Anda dapat menikmati pemadangan yang menakjubkan.

Gunung Tambora

Gunung Tambora di NTB

Gunung Tambora adalah nama gunung yang pernah menggemparkan dunia karena ledakan gunung yang terjadi pada tahun 1815.  Gunung yang letaknya berada di wilayah Sumbawa ini memiliki ketinggian sekitar 4.300 mdpl dan menjadi gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Akan tetapi sejak terjadinya letusan, ketinggian Gunung Tambora menjadi berkurang yaitu sekitar 2.850 mdpl. Walaupun sampai saat ini Gunung Tambora masih berstatus aktif, namun banyak para pendaki tidak takut untuk menjelajahi Gunung Tambora. Jalur pendakian Gunung ini dapat dimulai dari Desa Doro Mboha yang berada di sisi tenggara gunung dan Desa Pancasila yang berada di sisi barat Gunung Tambora..

Gunung Sangeang Api

Pendakian gunung Sangeang Api di NTB

Selain Gunung Tambora, gunung yang ada di NTB berikutnya adalah Gunung Sangeang Api. gunung ini sampai saat ini juga masih berstatus aktif. Gunung Sangeang Api letaknya di Kabupaten Bima dan mempunyai dua puncak, yaitu puncak Doro Api dengan ketinggian 1.949 mdpl dan puncak Doro Mantoi dengan ketinggian 1.796 mdpl. Namun uniknya, Pulau Sangeang yang menjadi tempat gunung ini berada ternyata tidak berpenghuni. Jadi, Jika Anda ingin mendaki di Gunung Sangeang Api, Anda harus mendapatkan izin khusus dan didampingi oleh guide lokal yang sudah berpengalaman.

Bukit Mantar

Bukit Mantar di Nusa Tenggara Barat sebagai tempat wisata

Berikutnya ada Bukit Mantar yang merupakan tujuan wisata di Sumbawa Barat yang memiliki ketinggian 630 mdpl. Bukit Mantar tidak hanya menjadi spot hiking saja, namun juga dikenal sebagai spot kegiatan paralayang. Bahkan, bukit ini pernah menjadi lokasi festival paralayang internasional. Disamping itu, Bukit Mantar juga cocok menjadi spot kegiatan camping dengan pemandangan awan dan alam yang keren. Tidak heran jika Bukit Mantar dijuluki sebagai Negeri di atas Awan.

Bukit Prabu

Wisata pendakian Bukit Prabu di NTB

Berikutnya ada Bukit Prabu. Dulunya tempat ini sempat menjadi lokasi penambangan emas ilegal. Namun saat ini Bukit Prabu kembali menunjukkan potensi wisatanya. Pada tahun 2022, jajaran TNI bersama Polri dan warga setempat melakukan kegiatan penghijauan di Bukit Prabu setelah sebelumnya menutup tambang emas ilegal yang ada di wilayah tersebut. Bukit yang letaknya berada di Lombok Tengah ini juga termasuk desa penyangga untuk Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Salah satu objek wisata yang terkenal di sana adalah Gua Bangkang Prabu yang terkenal dengan ‘Cahaya Tuhan’ yang menyusup lewat langit-langit gua.

Baca juga:

Gunung Sasak

wisata gunung sasak di nusa tenggara barat

Gunung di Nusa Tenggara Barat berikutnya adalah Gunung Sasak. Bagi para pendaki pemula, tempat ini sangat cocok, karena pendakian tidak begitu ekstrem seperti gunung lainnya. Sesuai dengan namanya, Gunung Sasak menjadi simbol khas Suku Sasak dari Lombok. Walaupun ketinggiannya hanya 400 mdpl, namun pemandangan alam di Gunung Sasak tidak kalah keren dari gunung lain yang ada di NTB. Jika Anda telah mencapai puncak gunung, terdapat Pura Kayangan dan Batu Kemeras yang menjadi tempat sembahyang umat Hindu di Lombok. Selain itu, Gunung Sasak juga terkenal dengan perkebunan pohon durian. Bagi para pecinta durian, wajib banget liburan untuk traveling di Gunung Sasak ini.

Demikian tadi ulasan singkat kami tentang gunung di NTB. Mungkin sebagian orang hanya mengenal Gunung Rinjani saja. Padahal di wilayah NTB,  terdapat gunung-gunung  lain yang tidak kalah kerennya.

Leave a Reply

error: Content is protected !!