Infojalanjalan

Mengenal Desa Wisata Purbayan di Yogyakarta

Desa Wisata Purbayan – Yogyakarta, merupakan salah satu destinasi wisata Indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan setiap tahunnya, baik wisatawan lokal maupun luar negeri. Mendengar wisata Jogja mungkin yang terlintas di pikiran adalah tempat-tempat wisata seperti kraton Yogyakarta, Malioboro, Pantai Parangtritis, atau Gunung Merapi. Saat ini kami ingin mengulas tempat wisata yang lain yang tidak kalah serunya.

Sekarang, mari kita berkenalan dengan destinasi wisata yang jauh dari keramaian dan akan memberikan Anda pengalaman yang berbeda. Salah satunya adalah Desa Wisata Purbayan, tempat yang cocok bagi mereka yang ingin memahami kebudayaan tradisional. Mari kita simak lebih lanjut apa yang ditawarkan Desa Wisata Purbayan.

Desa Wisata Purbayan Yogyakarta

Apa yang Dapat Anda Temukan di Desa Wisata Purbayan?

Desa Wisata Purbayan terletak di Kelurahan Purbayan, Kecamatan Kotagede, Kabupaten Bantul. Nama ‘Purbayan’ dipercayai berasal dari Pangeran Purbaya, anak dari Panembahan Senopati, dan merupakan peninggalan dari Kerajaan Mataram Islam.

Desa wisata ini sering disebut sebagai kampung pusaka karena menyimpan banyak situs bersejarah Kerajaan Mataram Islam serta bangunan rumah tradisional khas Kotagede. Selain itu, desa ini juga dikenal sebagai penjaga tradisi karena terkenal dengan pengrajin peraknya yang masih aktif hingga saat ini. Mereka memegang peran penting dalam melestarikan tradisi Kotagede yang terkenal sebagai kota perak. Ini adalah sesuatu yang patut diacungi jempol.

Sentra Kerajinan Perak Desa Wisata Purbayan Kabupaten Bantul Yogyakarta

Ketika Anda berkunjung ke Desa Wisata Purbayan, Anda akan diajak untuk berinteraksi langsung dengan penduduk setempat. Anda dapat mencoba membuat kerajinan perak dan mengikuti pelatihan pembuatan batik. Bahkan, Anda dapat mengikuti pelatihan batik dengan teknik tradisional. Setiap sudut Desa Wisata Purbayan memiliki daya tarik estetis dan sangat instagramable, sangat cocok untuk para pencinta fotografi.

Liburan belum lengkap tanpa mencicipi makanan khas daerah. Di Desa Wisata Purbayan, Anda dapat mencoba berbagai makanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh, seperti roti kembang waru, kue legamara, kue ukel, dan kue banjar. Anda bahkan dapat mencoba membuat makanan ini langsung di tempat produksinya. Itu pasti akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Baca Juga:

Bagaimana Cara Menuju Desa Wisata Purbayan?

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Desa Wisata Purbayan, Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat memilih paket wisata “Mataram Trail in a Day” di Atourin, platform marketplace khusus desa wisata di Indonesia.

Dengan biaya hanya Rp 200 ribu, Anda bisa menikmati liburan di Desa Wisata Purbayan bersama pasangan, teman, atau keluarga. Paket ini termasuk pemandu wisata, konsumsi, dan tiket masuk ke Desa Wisata Purbayan.

Jadi, jangan ragu lagi. Segera pesan paket wisata ini dan ajak teman-teman Anda untuk menjelajahi keindahan Desa Wisata Purbayan.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: