Infojalanjalan

Gunung-Gunung Paling Berbahaya di Dunia: Tantangan Hebat Bagi Pendaki

Gunung Berbahaya di Dunia – Pendaki gunung seringkali mencari tantangan dan kehidupan alam yang mendalam. Namun, ketika mereka menjelajahi gunung-gunung tertentu, pengalaman mendaki menjadi lebih daripada sekadar petualangan. Berikut adalah beberapa gunung paling berbahaya di dunia yang bisa menguji keterampilan dan nyawa pendaki.

Daftar Gunung Berbahaya di Dunia untuk Para Pendaki

Gunung Everest – Nepal dan Tibet

Gunung Everest - Nepal dan Tibet

Sebagai gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest menarik para pendaki profesional yang mencari tantangan ekstrem. Namun, mendaki gunung setinggi 8.849 meter di atas permukaan laut ini bukanlah tugas yang mudah. Data mencatat lebih dari 210 kematian dari lebih dari 3.600 upaya pendakian. Oleh karena itu, tidak heran bahwa Gunung Everest, yang berada di perbatasan Nepal dan Tibet, dikenal sebagai salah satu gunung paling berbahaya di dunia.

Gunung Kangchenjunga – Nepal

Gunung Kangchenjunga - Gunung berbahaya di dunia

Setelah Gunung Everest ada Gunung Kangchenjunga yang merupakan gunung tertinggi ketiga di dunia. Gunung ini berada di Nepal dan memiliki ketinggian 8.586 meter di atas permukaan laut. Kangchenjunga dijuluki sebagai ‘Lima Harta Karun Salju’ karena memiliki lima puncak bersalju, di mana empat di antaranya melebihi ketinggian 8.450 meter di atas permukaan laut. Sayangnya, terdapat 40 kematian dari total 209 upaya pendakian di Gunung Kangchenjunga.

Gunung K2 – Pakistan dan Tiongkok

Gunung K2 - Pakistan dan Tiongkok - termasuk gunung berbahaya di dunia

Gunung Berbahaya di Dunia untuk di daki berikutnya ada Gunung K2. Gunung ini merupakan unung tertinggi kedua di dunia dan terletak hanya sekitar 500 meter dari Gunung Everest. Gunung ini, yang terletak di perbatasan Pakistan dan Tiongkok, mencapai ketinggian 8.611 meter di atas permukaan laut. K2 bahkan pernah dijuluki sebagai ‘gunung buas yang mencoba membunuh pendaki’ oleh seorang fisikawan dan pendaki gunung asal Amerika Serikat, George Bell, setelah ia mencoba mendaki gunung ini pada tahun 1950-an.

Gunung Eiger – Swiss

Gunung Eiger - Swiss

Bukan hanya di Asia, Eropa juga memiliki salah satu gunung paling berbahaya di dunia, yaitu Gunung Eiger di Swiss. Meskipun memiliki ketinggian hanya 3.967 meter di atas permukaan laut, medan Gunung Eiger cukup sulit untuk didaki, terutama di sisi utara. Daerah ekstrem di sini sering disebut sebagai “Mordwand” atau ‘tembok pembunuh’, karena kesulitan yang dihadapi pendaki. Pada tahun 1935, terjadi tragedi yang menewaskan 64 pendaki. Namun, itu justru memicu minat pendaki lain untuk menaklukkan jalur utara Gunung Eiger, dan pada tahun 1938, empat pendaki berhasil melewati jalur tersebut.

Baca juga:

Gunung Makalu – Nepal dan Tiongkok

Gunung Makalu - Nepal dan Tiongkok

Kemudian masih di wilayah Asia terdapat Gunung Makalu yang berada di Nepal, yang dianggap berbahaya. Gunung ini mencapai ketinggian 8.481 meter di atas permukaan laut dan berada di perbatasan Nepal dan Tiongkok, sekitar 19 kilometer dari sisi tenggara Gunung Everest. Dari 234 upaya pendakian, terdapat 26 kematian di Gunung Makalu.

Demikian ulasan kami tentang gunung-gunung berbahaya di dunia bagi pendakian. Mendaki gunung-gemung ini bukanlah tugas yang bisa dianggap enteng. Bagi yang berani, tantangan ekstrem ini menawarkan pengalaman luar biasa, tetapi juga mengingatkan akan risiko yang tak boleh diabaikan.

Leave a Reply

error: Content is protected !!