Infojalanjalan

Wisata Kuliner Pecinan Jakarta: Menikmati Kelezatan dan Budaya Tionghoa di Ibukota

Wisata Kuliner Pecinan Jakarta – Sebagai pusat Indonesia, Jakarta adalah tempat tinggal bagi berbagai kelompok etnis. Berbagai suku dan ras menetap di ibukota ini, baik sebagai penduduk tetap maupun pendatang. Salah satu kelompok etnis yang dapat ditemui di Jakarta adalah etnis Tionghoa.

Tionghoa Jakarta, atau juga dikenal sebagai Cina Jakarta, telah hadir jauh sebelum masa penjajahan, tepatnya pada tahun 1619. Pada waktu itu, komunitas Tionghoa tinggal di sebelah timur Sungai Ciliwung dan berdekatan dengan pelabuhan. Mereka menjual beragam barang, termasuk arak, beras, air minum, dan keperluan lainnya kepada para pendatang yang singgah di pelabuhan.

Asal-Usul Kawasan Pecinan di Jakarta

Ketika Belanda tiba, terjadilah tragedi Pembantaian Orang Tionghoa di Batavia pada Oktober 1740. Orang Tionghoa yang selamat akhirnya pindah ke kawasan Glodok. Inilah yang menyebabkan kawasan ini dikenal sebagai “Chinatown” atau pecinan hingga saat ini.

Jika Anda ingin mencicipi makanan sambil merasakan nuansa Tiongkok di Jakarta, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner pecinan di ibukota:

Kopi Es Tak Kie

Kopi Es Tak Kie - Wisata Kuliner Pecinan Jakarta

Bagi pecinta kopi, nama Kopi Es Tak Kie pasti sudah tidak asing. Kedai kopi ini berlokasi di kawasan Glodok dan telah berdiri sejak tahun 1927. Menu andalannya adalah kopi hitam dan kopi susu yang rasanya tidak berubah sejak dahulu. Desain interior kedai yang klasik dengan gaya Tionghoa akan membuat Anda merasa seakan-akan berada di Tiongkok. Pengunjungnya kebanyakan berasal dari kalangan orang Tionghoa yang ingin bernostalgia di Kopi Es Tak Kie.

Alamat Kopi Es Tak Kie: Gang Gloria, Glodok, Jl. Pintu Besar Selatan III No.4-6, RT.7/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11120

Pantjoran Tea House

Pantjoran Tea House Jakarta

Salah satu tempat makan yang wajib dikunjungi di Glodok adalah Pantjoran Tea House. Kedai teh ini memiliki desain eksterior yang terinspirasi oleh bentuk bangunan bersejarah di Batavia pada awal abad ke-20, yaitu Apotek Tjung Hwang. Meja dan kursinya didominasi oleh kayu, menciptakan atmosfer seperti sedang menikmati teh di rumah nenek. Selain berbagai jenis minuman, Anda bisa mencoba hidangan seperti fishmawa shoup, ayam kung pao, sapi lada hitam, dan hidangan seafood lainnya.

Alamat Pantjoran Tea House: Jl. Pancoran No.4-6 Glodok Tamansari 9, RT.9/RW.5, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11120

Petak Enam di Chandra

Petak Enam di Chandra - Kuliner Pecinan Jakarta

Masih di kawasan Glodok, tempat kuliner lain yang dapat Anda kunjungi adalah Petak Enam di Chandra. Gedung ini dulunya merupakan salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, yang kemudian direvitalisasi menjadi tempat yang lebih kontemporer. Di sini, Anda tidak hanya akan menemukan kuliner Tionghoa, tetapi juga berbagai hidangan tradisional Indonesia hingga hidangan western.

Alamat Petak Enam di Chandra: 1, Jl. Pancoran No.43, RT.2/RW.6, Glodok, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11120

Pantjoran PIK

Kuliner Jakarta - Pantjoran PIK

Selain di Glodok, kawasan pecinan juga dapat ditemukan di Pantjoran PIK di Jakarta Utara. Kawasan yang terletak di pulau reklamasi di utara Jakarta ini diresmikan pada November 2020. Berbagai tenant kuliner menawarkan berbagai pilihan, seperti Kwetiau 78 Muara Karang, Bakso Goreng Soekajadi, Bakmi Gang Kelinci, dan Es Pluit Acen. Selain itu, terdapat ikon-ikon unik yang menciptakan nuansa Tiongkok, seperti gapura, diorama, dan berbagai pertunjukan bernuansa Cina.

Alamat: Pantjoran PIK, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14460

Baca Juga:

Old Shanghai

Wisata Kuliner Pecinan Jakarta - Old Shanghai

Selain di Pantjoran PIK, kawasan pecinan lain yang terkenal di Jakarta dapat ditemui di Kelapa Gading, Jakarta Utara, yang dikenal dengan nama Old Shanghai. Tempat kuliner ini masih tergolong baru, karena baru diresmikan pada Mei 2022. Terdapat sekitar 80 tenant yang siap memanjakan lidah Anda dengan berbagai hidangan, seperti Shu Guo Yin Xiang, Xiao La Guo, Mutiara Restaurant, Ponggol Nasi Lemak, dan masih banyak lagi. Jika Anda berencana makan di sini, pastikan untuk menyiapkan saldo e-wallet yang cukup, karena pembayaran non-tunai adalah pilihan yang umum.

Itulah beberapa rekomendasi wisata kuliner pecinan yang bisa Anda temui di Jakarta. Tertarik untuk mengunjungi salah satu dari tempat tersebut?

Leave a Reply

error: Content is protected !!