Malang Wisata Indonesia

Wisata Alam di Malang dan Batu Jawa Timur

Omah-kayu-wisata-Malang

Wisata Alam di Malang – Kota Malang menjadi salah satu tujuan wisata di Jawa Timur, yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Hal ini dikarenakan Kota Malang berada di daerah dataran tinggi yang sangat sejuk. Selain menjadi kota wisata, Kota Malang juga dikenal sebagai “Kota Pelajar” dan merupakan kota terbesar kedua yang ada di Jawa Timur.

Hawa yang sejuk di Kota Malang mirip seperti tempat wisata di Jawa Tengah yaitu Salatiga. Hal ini menjadikan daerah ini menjadi tempat favorit Wisata alam di kota Malang bagi para wisatawan. Jika sesampai di Kota Malang, kemudian Anda menuju ke kawasan Batu Malang, maka dari situ di Anda bisa melihat keindahan kota Malang dari ketinggian. Di kawasan Batu Malang inilah tersedia beberapa variasi tempat wisata alam di Malang yang menawan, yang dapat menghibur Anda dan keluarga yang menyukai keindahan alam diselimuti hawa sejuk kota Malang.

Di bawah ini kami sajikan beberapa objek wisata alam yang berada di Malang yang dapat Anda coba kunjungi  ketika Anda merencanakan liburan ke Kota Malang bersama teman atau kerabat :

Wisata Alam Air terjun Coban Rondo

Wisata Alam di Malang yang pertama adalah air terjun Coban Rondo. Nama tempat wisata alam ini pastilah sudah tidak asing lagi. Namun bagi sebagian wisatawan, mungkin baru pertama kali mengunjungi tempat wisata Coban Rondo ini.

Nama Coban Rondo sendiri berasal dari bahasa Jawa dimana coban itu berarti air terjun, dan rondo mempunyai makna janda. Di sekitar air terjun tersebut terdapat sebuah goa. Konon goa tersebut ada karena adanya kisah percintaan antara Raden Baron Kusuma dan Dewi Anjarwati.

Tempat-wisata-alam-Coban-Rondo-Malang

Konon Raden Baron Kusuma tewas setelah mengadakan pertempuran dengan Joko Lelono. Pada saat itu Joko Lelono menyukai Dewi Anjarwati sehingga berusaha merebutnya dari tangan Raden Baron Kusuma. Raden Baron Kusuma menyembunyikan Dewi Anjarwati dari kejaran Joko Lelono. Saat itulah awal mulanya adanya air terjun tersebut ada.

Lokasi wisata alam Air Terjun Coban Rondo ini tepatnya berlokasi di Desa Pandansari, Kecamatan Pujon yang terletak 12 kilometer dari Kota Batu Malang.

Baca juga: Tempat wisata yang murah di Bogor Jawa Barat

Wisata Alam Omah Kayu

Wisata alam di Malang yang kedua adalah Omah Kayu. Omah Kayu merupakan bahasa Jawa yang berarti rumah pohon. Jadi Rumah ini dibangun dengan konsep rumah yang berada di atas pohon. Anda bisa mencoba menginap di Omah Kayu ini, atau kalau tidak, Anda diberi kesempatan untuk merasakan sensasi sejenak di Omah Kayu dengan hanya membayar tiket Rp. 5,000.-

Dari omah kayu inilah, kita bisa melihat pemandangan indah area persawahan yang hijau ditemani dengan semilir angin sejuk khas kota Malang yang akan menambah kenikmatan anda menikmati pengalaman Omah Kayu.

Omah-kayu-wisata-Malang

Wisata Alam Paralayang

Objek wisata alam berikutnya adalah olahraga yang termasuk ekstrem yaitu olahraga Paralayang. Apa menariknya dari Paralayang ini? Bagi sebagian tertentu orang yang mempunyai nyali untuk menantang ketinggian, maka yang akan terjadi malah sebaliknya. Kenikmatan berdansa di udara sambil menikmati indahnya kota Malang dari ketinggian langit. Bagi Anda yang ingin mencoba dan merasakan puncak adrenalin, Anda bisa mendatangi langsung kepada penyedia jasa Paralayang yang ada di wisata alam di Kota Batu Malang.

Wisata-alam-di-Malang-Paralayang

Wisata Alam Air Terjun Sumber Pitu

Wisata alam di Malang yang ke empat adalah wisata alam Air Terjun Sumber Pitu. Sekali lagi nama ini adalah merupakan bahasa Jawa yang berarti sumber air yang berjumlah tujuh. Disini anda bisa menikmati pemandangan air terjun nan indah yang berjumlah tujuh buah. Konon menurut masyarakat sekitar, ada tujuh sumber air yang letaknya berdekatan yang berada di tebing, sehingga jadilah Air Terjun Sumber Pitu seperti sekarang ini. Jika anda berminat mengunjungi salah satu wisata di Malang ini, Anda bisa menuju Desa Duwet Krajan, kecamatan Tumpang, Malang Jawa Timur.

Wisata-alam-Sumber-Pitu-Malang

Dengan adanya keberadaan air terjun Sumber Pitu ini, maka masyarakat sekitar merasa diuntungkan, karena tempat tersebut menjadi salah satu objek wisata alam Malang yang selalu ramai dikunjungi.

Wisata Alam di Malang Pantai Sipelot

Tempat wisata berikutnya adalah wisata alam Pantai Sipelot. Tidak hanya pemandangan alam pegunungan saja yang bisa dinikmati di sekitar kota Malang. Wisata alam Pantai Sipelot salah satu contohnya. Pantai ini memang mungkin benyuk banyak orang tahu dan mengenalnya. Tapi semenjak mulai di kenal, para wisatawan dari segala penjuru mulai berdatangan ke tempat wisata ini. Yang menjadi daya tarik salah satu wisata Malang ini adalah keindahan pantai dengan pemandangan laut yang berwarna biru dan pasir pantai yang coklat. Selain itu adanya Coban Sipelot yang berupa air terjun dengan tinggi 10 meter, menjadi tambahan daya tarik salah satu wisata alam di Kota Malang ini.

Pantai-Sipelot-Malang Jawa TImur

Wisata Alam di Malang Pantai Balekambang

Tempat berikutnya yang ke lima adalah Wisata alam Pantai Balekambang. Jika Anda pernah berkunjung ke Tanah Lot Bali, penampakan Tanah Lot amat sangat terasa yaitu dengan adanya pura yang terletak di tengah laut, mirip dengan pura yang ada di tanah lot Bali. Pantai Balekambang lokasinya sekitar 65 kilometer sebelah selatan Kota Malang.

Wisata-alam-di-Malang-Pantai-Balekambang

Wisata Alam Sumber Air Krabyakan

Wisata alam di Malang yang keenam adalah wisata alam sumber air Krabyakan. Sumber Air Krabyakan berlokasi di Desa Sumber Ngepoh Kecamatan Lawang Malang. Di tempat ini, pengunjung bisa merasakan mandi di alam terbuka dengan pemandangan berupa sawah yang terhampar disertai batu kali yang berjejer rapi disekitar kolam. Untuk dapat mandi di Sumber Air Krabyakan tidak perlu membayar biaya mahal.

Wisata-di-Malang-Sumber-Air-Krabyakan

Wisata Alam di Malang Pantai Ngeliyep

Tempat wisata alam ketujuh adalah wisata alam Pantai Ngeliyep. Keindahan pantai ini adalah pasir pantai halus yang berwarna putih seperti halnya pantai-pantai di Lombok. Posisi wisata alam Pantai Ngeliyep terletak 62 kilometer sebelah Selatan kota Malang.

Wisata-Pantai-Ngeliyep-Malang

Wisata Alam Pulau Sempu

Wisata alam di Malang yang ke delapan adalah Wisata alam Pulau Sempu. Pulau ini merupakan salah satu pulau cagar alam yang wajib kita lestarikan. Untuk dapat mencapai wisata alam Pulau Sempu tidak mudah. Harus yang sudah terbiasa trekking dan melakukan perjalanan jauh. Jadi mungkin tidak semua pengunjung mampu dan dapat menikmati keidahan pulau Sempu. Di pulau tersebut, terdapat pantai yang dinamai Segara Anakan. Segara Anakan merupakan pantai yang tersembunyi yang letaknya di tengah pulau diapit oleh tebing-tebing. Daya tarik inilah yang membuat pengunjung tertentu merasa tertantang untuk bisa mencapai Pulau Sempu.

Wisata-alam-Pulau-Sempu-Malang

Wisata Alam Panen Madu di Agro Tawon Rimba Raya

Objek Wisata alam yang kesembilan adalah wisata alam panen madu di Agro Tawon Rimba Raya. Wisata ini cukup unik. Dimana para pengunjung di ajak langsung untuk memanen madu langsung dari sarangnya.

Selain memanen madu, pengunjung dapat juga sekedar meminum jus jamu madu, es madu ataupun produk lain yang masih berhubungan dengan produk lebah. Atau pengunjung bisa mencoba terapi lebah, yaitu sebuah pengobatan dengan memanfaatkan sengatan lebah.

Wisata-Agro-Tawon-Rimba-Raya-malang

Wisata Alam Pemandian Air Panas Cangar Batu

Wisata alam di Malang berikutnya adalah wisata alam pemandian air panas Cangar Batu. Wisata alam ini bisa dijadikan tujuan terakhir wisata Anda. Karena di wisala alam ini pengunjung dapat melakukan relaksasi sambil berendam di air panas. Rasa pegal dan linu setelah melakukan perjalanan ke beberapa tempat wisata Malang akan segera hilang setelah melakukan perjalanan ke beberapa tempat wisata alam di kota Malang.

Wisata-alam-di-Malang-Pemandian-Air-Panas-Cangar-Batu

Wisata Alam Sensasi Memetik Teh di Kebun Teh Wonosari Malang

Wisata alam yang terakhir adalah wisata alam dengan sensasi memetik teh di perkebunan teh Wonosari. Pengunjung di ajak langsung untuk memetik teh, ataupun sengaja hanya berjalan-jalan di sekitar kebun teh ataupun melihat langsung pengolahan teh dari sejak di petik, sampai di olah menjadi teh yang siap disajikan untuk diminum. Jadi pengunjung bisa langsung menikmati teh hasil dari  pengolahan tersebut. Adapun kegiatan lainnya selain memetik teh adalah pengunjung bisa juga berkemah ataupun acara outbond dan jalur pendakian ke arah Gunung Arjo.

Wisata-alam-di-Malang-Kebun-Teh-Wonosari-Malang

Demikianlah 11 wisata alam di Malang yang dapat anda rencanakan untuk mengunjunginya di saat liburan nanti bersama teman ataupun keluarga.

About the author

infojalanjalan

Add Comment

Click here to post a comment

Leave a Reply