Infojalanjalan

Sejarah Goa Selarong dan Menikmati Keindahannya

Sejarah Goa Selarong – Jika Anda sedang berlibur ke Yogyakarta tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi situs yang bersejarah dan penuh makna dan nilai yang berharga. Dari sekian banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi, salah satu tempat yang sangat menarik adalah Goa Selarong, yang berlokasi di Kabupaten Bantul, posisi Selatan dari Kota Yogyakarta.

Disini Anda bisa berwisata sambil belajar sejarah Pangeran Diponegoro. Apa Sebenarnya istimewanya Goa Selarong ini? Mari Kita simak bersama.

Lokasi Goa Selarong

Berikut ini letak dan posisi lokasi wisata Goa Selarong :

Goa Selarong Tempat Bersembunyi Pangeran Diponegoro

Jadi cerita singkatnya pada waktu itu begini. Setelah pasukan Belanda membakar rumah Pangeran Diponegoro yang terletak di daerah Tegalrejo, Pangeran Diponegoro kemudian pergi menuju arah barat dan tinggal di Goa selarong ini guna membangun pertahanan dan menyusun taktik berperang untuk melawan penjajah Belanda pada waktu itu.

Wisata Sejarah Goa Selarong Bantul Jogjakarta

Masyarakat sekitar Goa Selarong sangat percaya, bahwa ada kekuatan magis yang meliputi Goa ini. Karena secara kasat mata, Goa ini seperti tidak mempunyai pintu dan terasa buntu atau tidak ada jalan lagi. Namun kenyataanyya Pangeran Diponegoro beserta pengikutnya dapat masuk hingga ke perut bukit dan bermarkas di dalam Goa Selarong ini. Mungkin Itulah alasan kenapa Belanda tidak bisa menangkap Pangeran Diponegoro beserta pengikutnya, walapun mereka sudah mengitari Goa ini berkali-kali.

Untuk lebih tahu dan mendalami tentang sejarah Pangeran Diponegoro dan Goa Selarong, di kawasan wisata ini terdapat papan informasi yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Di papan informasi ini, diceritakan pokok-pokok cerita sejarah yang terjadi di Goa ini. Jika Anda menyukai sejarah, apalagi mengagumi sosok Pangeran Diponegoro, Anda wajib berkunjung ke Goa Selarong ini.

Goa Selarong Pangeran Diponegoro

Wisata Alam Sekitar Goa Selarong yang Menakjubkan

Goa Selarong ini berada di perbukitan kapur dengan tinggi sekitar 35 meter. Goa yang letaknya dekat dengan pemukiman warga ini disekitarnya dikelilingi oleh pohon-pohon sehingga membuat suasana di sekitar goa terasa sejuk dan menenangkan.

Jalan menuju Goa Selarong juga terlihat masih asri dikarenan banyak terbentang persawahan dan perkebunan milik warga, sehingga akan membuat perjalanan Anda berasa lebih menyenangkan.

Begitu Anda sampai di area parkir dan gapura tempat wisata, Anda akan melihat patung Pangeran Diponegoro di mana salah satunya terlihat beliau sedang menaiki kuda.

Air Terjun Goa Selarong Bantul Jogjakarta Indonesia

Baca Juga:

Harga Tiket Masuk Goa Selarong

Untuk masuk ke tempat wisata serta menjelajah keindahan Goa Selarong, Anda akan dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp5.000 per wisatawan, dan Anda sudah bisa sepuasnya mengeksplor kawasan wisata ini dari sejak jam 8 pagi hingga tutup jam 5 sore.

Tidak hanya Goa Selarong, Anda juga bisa masuk dan melihat langsung kondisi Goa Kakung dan Goa Putri, yaitu goa tempat persembunyian Pangeran Diponegoro beserta istrinya yang sampai saat ini masih sangat terawat dengan baik.

Di tempat wisata ini juga terdapat sebuah air terjun yang letaknya gak jauh dari Goa Selarong. Sedikit tips supaya Anda bisa menikmati keindahan air terjun, berdasar pengalaman, hindari datang ke area air terjun saat musim kemarau, karena debit airnya akan jauh lebih sedikit, sehingga pemandangan air terjunnya kurang bisa dinikmati. Untuk itu coba datang di saat musim penghujan. Sehingga Anda bisa menikmati keindahan pemandangan air terjun Goa Selarong dengan lebih puas.

Leave a Reply

error: Content is protected !!