Tempat-Tempat Wisata di Pacitan Yang Mempesona

Tempat wisata di Pacitan Jawa Timur

Wisata Pacitan Jawa Timur

Tempat Wisata di Pacitan – Pacitan sebagai salah satu Kabupaten yang berada di Propinsi Jawa Timur yang merupakan tempat kelahiran mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini menyimpan banyak tempat-tempat yang menarik untuk kita kunjungi. Jika dari arah Kota Solo, Anda akan menempuh lebih kurang 100 kilometer perjalanan dan sekitar 270 kilometer jika kita berangkat dari Kota Surabaya.

Topografi daerah Pacitan yang mirip dengan Gunung Kidul Yogyakarta yang berada di garis Pantai Selatan Jawa, kebanyakan terdapat gunung kapur, sehingga menciptakan daerah ini banyak terdapat aliran air serta tempat wisata di Pacitan yang beragam, yaitu terdiri dari wisata pantai, wisata goa, wisata bersejarah, wisata air hangat dan tentu saja wisata kulinernya.

Untuk Wisata Pacitan pertama kita akan rangkum wisata pantai Pacitan Jawa Timur yang memiliki pantai-pantai yang begitu mempesona dan layak untuk kita kunjungi.


Wisata Pacitan Pantai Srau

Wisata Pantai Srau Pacitan Jawa Timur

Wisata Pantai Srau Pacitan Jawa Timur

Tempat wisata pantai di Pacitan yang pertama adalah Pantai Srau. Pantai Srau terletak di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku dan berjarak sekitar 25 kilometer dari Pacitan. Pantai Srau masih terlihat sangat alami dan diklaim merupakan pantai yang terindah yang ada di Pulau Jawa.

Ketika kita sampai di Pantai Srau kita akan disuguhkan dengan tiga pantai yang mempunyai khas masing-masing. Di pantai pertama, Anda akan menemui sebuah pantai dengan pasir putih yang halus seperti bedak dengan buih berwarna putih dari ombak besar Pantai Selatan. Di pantai kedua berbeda dengan pantai pertama, di pantai ini pasirnya lebih kasar. Di sekeliling banyak terdapat batu karang. Di pantai ketiga, ini sangat berbeda dengan dua pantai sebelumnya, dimana di pantai ini tidak ada hamparan pasir, yang ada hanya jajaran batu karang yang bisa kita pakai untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam laut yang begitu mempesona.

Wisata Pacitan Pantai Klayar

Wisata Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur

Wisata Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur

Tempat wisata pantai di Pacitan yang kedua adalah Pantai Klayar. Pantai ini berlokasi di Kecamatan Donorojo dan berjarak kurang lebih 45 kilometer dari kota Pacitan. Daya tarik tempat wisata ini adalah Anda akan menemukan seruling laut, yang tidak akan Anda temui di pantai-pantai lainnya.

Daya tarik Seruling Laut ini adalah berupa batu karang yang sangat besar, dimana pada batu karang tersebut terdapat celah yang setiap ada ombak yang besar datang, dari celak batu karang tersebut air akan memancar ke arat atas, dan seketika itu juga akan terdengar bunyi seperti siulan.

Daya tarik lainnya di Pantai Klayar adalah adanya karang raksasa yang bentuknya menyerupai bentuk Sphinx yang ada di Mesir. Yang perlu diingat, karena ombak di Pantai Klayar sedemikian besar dan buas, maka jangan sekali-kali Anda mencoba berenang.

Wisata Pacitan Pantai Watu Karung

Wisata Pantai Watu Karung Pacitan Jawa Timur

Wisata Pantai Watu Karung Pacitan Jawa Timur

Tempat wisata pantai di Pacitan selanjutnya yang tidak kalah menariknya adalah Pantai Watu Karung. Pantai ini tidak kalah menariknya dengan Pantai Plengkung yang ada di Banyuwangi. Lokasi Pantai Watu Karung terletak di daerah Pringkukung. Memang lokasi pantai agak tersembunyi dan sedikit sulit dijangkau para wisatawan. Namun jika telah sampai di lokasi Pantai Watu Karung Pacitan, maka Anda akan disambut oleh pemandangan pulau karang yang sangat mempesona, disertai pantai dengan pasir putih nan lembut dan bersih.

Bagi para penggemar selancar air, di Pantai Watu Karunglah sorganya. Karena ombak di pantai ini berkualitas dunia dan sangat menantang sambil memicu adrenalin. Selain itu Anda bisa menyantap ikan hasil tangkapan para nelayan sambil menikmati sorga Pantai Watu Karung yang indah dan mempesona.

Wisata Pacitan Pantai Banyu Tibo

Wisata Pantai Banyu Tibo Pacitan Jawa Timur

Wisata Pantai Banyu Tibo Pacitan Jawa Timur

Masih tentang tempat wisata pantai di Pacitan, tempat wisata  pantai yang lain adalah Pantai Banyu Tibo, yang mempunyai arti “air jatuh”. Pantai ini mempunyai pasir yang berwarna putih. Tepat di bibir pantai terdapat air terjun yang mungil, sehingga Pantai ini dinamakan Pantai Banyu Tibo.

Pantai ini berlokasi di Desa Widoro Kecamatan Donorejo.  Agar bisa menikmati Pantai ini secara maksimal, datanglah pada saat air pasang surut, di sore atau di pagi hari. Karena jika saat air pasang tiba, lokasi pantai menjadi sempit.

Jika Anda berada di lokasi Pantai Banyu Tibo, Anda bisa bermain atau berenang di pantai dan sesudahnya merasa lengket karena kandungan garamnya, bilaslah dengan air terjun tersebut. Karena air terjun tersebut adalah air tawar. Jika Anda kurang suka kegiatan renang di pantai, Anda bisa duduk-duduk di atas batu karang dengan pemandangan Indah di sekitar Pantai Banyu Tibo.

Wisata Pacitan Pantai Teleng Ria

Wisata Pantai Teleng Ria Pacitan Jawa Timur

Wisata Pantai Teleng Ria Pacitan Jawa Timur

Tempat wisata pantai di Pacitan selanjutnya adalah Pantai Teleng Ria. Lokasi pantai ini hanya berjarak 3 kilometer dari Kota Pacitan. Untuk mencapai Pantai Teleng Ria cukup mudah walaupun dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Ombak laut pantai Teleng Ria sangat ramah, dengan pasir yang berwarna cokelat yang terhampar luas, tempat ini sangat pas untuk wisata pantai keluarga.

Wisata Pacitan Sungai Maron

Wisata Sungai Maron Pacitan Jawa Timur

Wisata Sungai Maron Pacitan Jawa Timur

Setelah beberapa lokasi tempat wisata pantai di Pacitan, sekarang saatnya kita menuju daerah hilir yaitu tempat wisata Sungai Maron. Lokasi Sungai Maron terletak di Desa Dersono, Pringkuku, yang bisa dicapai dalam waktu 45 menit jika Anda dari Kota Pacitan.

Daya tarik tempat wisata Sungai Maron yaitu ketika kita menyusuri sungai dengan menggunakan perahu, kita akan disambut dengan beberapa jenis tanaman hijau disamping kanan dan kiri. Dari pohon kelapa sampai pohon jambu. Pemandangannya tidak kalah dengan Sungai Cigenter yang ada di Ujung Kulon.

Sungai Maron merupakan sumber air terpenting bagi dua desa yatu desa Sendang dan Desa Dersono. Sungai ini menjadi habitat alami bagi berbagai jenis ikan tawar. Airnya sangat jernih dan bersih. Ikan air tawar di sungai ini menjadi salah satu sumber makanan warga sekitar.

Daya tarik wisata di Sungai Maron adalah ketika diadakannya lomba dayung setiap tahunnya. Lomba dayung ini hanya untuk senang-senang saja, terkadang peserta dayung menjadi bahan tertawaan, karena belum sampai garis akhir terkadang banyak yang sudah tercebur di sungai. Jika Anda tertarik untuk mengikuti lomba dayung, silahkan saja, karena ini terbuka untuk semuanya.

Setelah kita menjelajahi beberapa tempat wisata pantai di Pacitan Jawa Timur, saatnya kita beralih ke jenis tempat wisata di Pacitan yang lain. Kondisi geografi daerah Pacitan yang banyak terdapat pegunungan kapur, mengakibatkan daerah pacitan banyak terdapat Goa. Sehingga Pacitan sendiri mendapat julukan kota 1001 goa. Beberapa tempat wisata goa di Pacitan Jawa Timur yang layak untuk dikunjungi adalah sebagai berikut:

Wisata Pacitan Goa Gong

Wisata Goa Gong Pacitan Jawa Timur

Wisata Goa Gong Pacitan Jawa Timur

Tempat wisata goa di Pacitan pertama adalah Goa Gong. Goa ini terletak di Desa Bomo Kecamatan Punung dan berjarak 30 kilometer dari Kota Pacitan. Di dalam Goa Gong terdapat pemandangan stalagtit yang sangat indah.

Kedalaman Goa Gong mencapai 700 hingga 800 meter dengan 7 ruangan besar yang masing-masing ruangan mempunyai keunikan sendiri-sendiri. Pada salah satu ruangan, Anda akan mendapati sumber air yang jernih yang dinamakan Sendang Bidadari. Sedangkan di ruangan lainnya terdapat batu besar yang unik, karena jika batu tersebut kita tabuh, maka akan mengeluarkan bunyi seperti gong. Itulah karenanya goa ini terkenal dengan nama Goa Gong.

Jika Anda memasuki Goa Gong, maka di dalam goa Anda tidak akan kegelapan. Karena di dalam goa sudah di pasang lampu yang menciptakan warna warni pada dinding goa, dan menambah indah suasana.

Wisata Pacitan Goa Tabuhan

Wisata Goa Tabuhan Pacitan Jawa Timur

Wisata Goa Tabuhan Pacitan Jawa Timur

Tempat wisata goa di Pacitan Jawa Timur kedua adalah Goa Tabuhan. Goa ini terletak tidak begitu jau dari lokasi Goa Gong tepatnya di Desa Wereng dengan kedalaman goa mencapai 100 meter dan mempunyai dua ruangan.

Konon nama goa ini sebelumnya adalah Goa Tapan. Karena dulunya tempat ini merupakan tempat bertapa.

Daya tarik dari Goa Tabuhan adalah adanya sekumpulan stalagtit di salah satu sudut goa, yang jika dipukul akan menghasilkan bunyi seperti gamelan. Warga disekitar goa mempunyai kelompok gamelan dengan menggunakan alat bunyi berupa stalagtit dan stalagmit yang ada, dan jika sedang dimainkan maka akan menghasilkan nada bunyi seperti orkestra di dalam goa.

Wisata Pacitan Goa Luweng Jaran

Wisata Goa Luweng JaranPacitan Jawa Timur

Wisata Goa Luweng JaranPacitan Jawa Timur

Tempat wisata goa di Pacitan selanjutnya adalah Goa Luweng Jaran. Goa ini memiliki lorong yang panjang yaitu sepanjang 48 kilometer dan akan terhubung dengan goa-goa lainnya.

Saat melakukan perjalanan di dalam Goa Luweng Jaran, Anda bisa menikmati banyak pemandangan ornamen yang indah dan unik yang terbentuk karena faktor alami. Beranikah Anda menguji nyali dengan menyusuri Goa Luweng Jaran sampai akhir..?

Wisata Pacitan Goa Song Terus

Wisata Goa Song Terus Pacitan Jawa Timur

Wisata Goa Song Terus Pacitan Jawa Timur

Goa Song Terus merupakan tempat wisata goa di Pacitan Jawa Timur selanjutnya. Goa Song Terus masih terletak di Kecamatan Punung. Goa ini konon diyakini sebagai goa tempat dimana manusia purba tinggal. Hal ini dibuktikan pada tahun 1999 telah ditemukan kerangka manusia purba yang diperkirakan berumur 10.000 tahun. Sehingga sampai saat ini tempat ini menjadi tujuan utama untuk meneliti sejarah manusia purba oleh para arkeolog

Kerangka manusia purba yang ditemukan dinamai oleh warga sekitar sebagai Mbah Sayem, seorang laki-laki dengan perkiraan umurnya antara 40 – 50 tahun. Saat ditemukan Mbah Sayem sedang membawa alat kerja berupa tulang dan batu.

Tidak begitu jauh dari lokasi Goa Song Terus terdapat goa lainnya yang konon juga menjadi tempat tinggal manusia purba, yaitu Goa Song Keplek.

Wisata Pacitan Monumen Jenderal Sudirman

Wisata Bersejarah Monumen Jenderal Sudirman Pacitan Jawa Timur

Wisata Bersejarah Monumen Jenderal Sudirman Pacitan Jawa Timur

Setelah kita menyalami tempat wisata pantai dan goa yang ada di Pacitan Jawa Timur, saatnya kita menuju wisata bersejarah yang ada di Pacitan yaitu Monumen Jenderal Sudirman. Lokasi monumen berada di Pakis Baru Kecamatan Nawangan.

Tempat wisata di Pacitan ini dulunya sebagai tempat markas Panglima Besar Jenderal Sudirman untuk menentukan strategi perang gerilya pada saat itu. Di monumen Jenderal Sudirman Pacitan, Anda akan menemui tangga yang berjumlah 70 buah anak tangga. Dengan maksud 17 + 8 + 45 = 70.  Di area ini Anda juga dapat menemukan rumah bambu (bedek) yang masih terawat baik, dimana di tempat ini Jenderal Sudirman melakukan persembunyian.

Wisata Pacitan Pemandian Banyu Anget (air hangat) Tirto Husodo

Wisata Pemandian Banyu Anget Tirto Husodo Pacitan Jawa Timur

Wisata Pemandian Banyu Anget Tirto Husodo Pacitan Jawa Timur

Tempat wisata di Pacitan Jawa Timur berikutnya berupa tempat pemandian air panas yaitu bernama Pemandian Banyu Anget Tirto Husodo yang mempunyai lokasi di Desa Karangrejo Kecamatan Arjosari yang berjarak 15 kilometer ke arah utara dari Kota Pacitan. Untuk mencapainya kita bisa menggunakan kendaraan mobil.

Kolam utama Air panas di Pemandian Tirto Husodo berasal dari aliran sumber alaminya dari perbukitan kapur, kemudian air panas tersebut bercampur dengan air dingin di tiga kolam lainnya, sehingga menjadi air hangat (banyu anget) yang bisa dinikmati oleh pengunjung untuk berendam.

Nasi Tiwul Bu Gandos

Wisata Kuliner Nasi Tiwul Bu Gandos Pacitan Jawa Timur

Wisata Kuliner Nasi Tiwul Bu Gandos Pacitan Jawa Timur

Tempat wisata di Pacitan terakhir yang berhasil kami rangkum adalah merupakan wisata kuliner yang sayang untuk Anda lewatkan jika sedang berada di daerah Pacitan Jawa Timur. Tempat tersebut adalah Nasi Tiwul Bu Gandos.

Nama nasi tiwul, sebenarnya merupakan makanan pokok pada masa penjajahan dulu, sebagai pengganti makanan pokok nasi. Nasi tiwul terbuat dari singkong. Lokasi Nasi Tiwul Bu Gandos terletak di jalan Solo Pacitan KM 5. Sajian nasi tiwul akan lengkap dengan urap kenikir dan sayur dari daging ikan hiu muda plus sambal mentah yang akan menambah selera makan Anda.

Demikian rangkuman kami tentang tempat wisata di Pacitan dan sekitarnya yang layak untuk Anda kunjungi. Semoga bisa menjadi inspirasi Anda dalam berwisata bersama kerabat atau keluarga.

Artikel menarik lainnya :

Pesona keindahan tempat wisata di Sumbar
Tempat liburan di Jakarta untuk keluarga

Incoming search terms:

  • pantai klayar pacitan jawa timur
  • penginapan pantai klayar pacitan jawa timur
  • wisata pacitan
  • pantai pacitan
  • peta pantai srau pacitan jawa timur
  • tempat wisata di pacitan
  • peta pantai klayar pacitan jawa timur
  • pantai teleng pacitan jawa timur
  • kota pacitan jawa timur
  • wisata daerah pacitan
  • pantai yg ada di pacitan
  • wisata di kota pacitan
  • tempat wisata di pacitan jatim
  • wisata pacitan terbaru
  • foto wisata kota pacitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!