Infojalanjalan

Taman Nasional Way Kambas, Wisata Alam Konservasi Gajah

Taman Nasional Way Kambas – Indonesia memiliki banyak spesies hewan endemik yang keberadaannya musti dilindungi. Salah satu spesies hewan di Indonesia yang harus dilindungi adalah Gajah Sumatera yang Anda dapat temukan keberadaanya di Taman Nasional Way Kambas, Lampung, Indonesia.

Taman Nasional Way Kambas yang letaknya di wilayah Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur ini, saat ini digunakan sebagai tempat konservasi dan pusat pelatihan bagi Gajah Sumatera. Hampir setiap saat banyak wisatawan baik dalam dan luar negeri datang ke Taman Nasional Way Kambas sini guna  melihat kehidupan Gajah Sumatera secara langsung.

Wisata Taman Nasional Way Kambas Lampung Indonesia

Lokasi Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas terletak di provinsi Lampung Pulau Sumatera, Indonesia. Bisa Anda lihat jelas di peta di bawah ini:


Selain itu, ada beberapa fakta-fakta menarik tentang Taman Nasional Way Kambas yang perlu Anda ketahui.  Jadi bila nanti Anda berkesempatan mengunjungi wilayah konservasi gajah Sumatera ini, Anda bisa tahu apa saja hal-hal yang bisa Anda dilakukan disana.

Fakta Menarik Taman Nasional Way Kambas

1. Tempat Bermain Gajah Sumatera dan Hewan lainnya

Wilayah konservasi  yang berupa dataran rendah, dipenuhi dengan rerumputan tinggi, serta pohon-pohon, Taman Nasional Way Kambas menjadi tempat bermain para Gajah Sumatera sekaligus hewan-hewan lainnya.

Badak di Taman Nasional Way Kambas

Jika Anda berkesampatan mengunjungi Taman Nasional ini, selain Gajah Sumatera, Anda akan menemukan hewan-hewan lain seperti Harimau Sumatera, Badak Sumatera, Buaya Sepit, dan jika Anda beruntung Anda akan menemukan burung Bangau yang biasa disebut dengan nama Bangau Tongtong. Tentu saja, hewan-hewan ini dibawah pengawasan para pawang-pawangnya, sehingga sudah cukup jinak. Akan tetapi Anda harus tetap hati-hati ya…

2. Didirikan Sebelum Kemerdekaan

Taman Nasional Way Kambas sendiri diresmikan pada tahun 1937 oleh Belanda, sementara pusat pelatihan gajah sumatera baru didirikan 48 tahun kemudian, yaitu tahun 1985 oleh pemerintah Indonesia.

Adapun luas Pusat konservasi dan pelatihan Gajah Sumatera ini berkisar lebih kurang 1.300 kilometer persegi. Seluruh wilayah konservasi dibuat alami seperti hutan habitat asli para hewan yang ada di tempat ini. Maka jangan heran kalau setelahmelalui pintu gerbang Taman Nasional Way Kambas, Anda akanmenyaksikan hewan-hewan berkeliaran bebas.

3. Atraksi Gajah dan Tur Gajah dan Berinteraksi Langsung

Semua gajah yang ada di Taman Nasional Way Kambas memiliki pawang pribadi yang tugasnya mengurus segala keperluan mereka. mulai dari memberi makan, mengajak bermain, memandikan, dan kegiatan lainnya.

Atraksi dan interaksi Gajah di Way Kambas

Karena para gajah ini sudah jinak, di tempat wisata ini Anda bisa menyaksikan atraksi gajah, seperti sepak bola gajah atau menunggang gajah sambil berkeliling di sekitar wikayah taman Nasional. Saat berkeliling inilah, para wisatawan dapat berinteraksi langsung dengan para gajah yang ditungganginya. Para gajah akan dimasukkan ke kandang khusus agar mereka tidak keluar dari area taman Jika hari sudah mulai malam.

4. Terdapat Rumah Sakit Khusus Gajah

Salah satu hal yang menarik dari Taman Nasional Way Kambas ini adalah adanya Rumah Sakit khusus diperuntukkan bagi para Gajah. Rumah Sakit ini tugasnya memberikan pertolongan pertama pada Gajah Sumatera yang sedang mengalami sakit atau cedera.

Ruimah Sakit Gajah di Taman Nasional Way Kambas

Baca Juga:

Tidak hanya itu, di Taman Nasional ini terdapat area karantina gajah, yang berupa tiang-tiang yang digunakan untuk merantai gajah jantan saat mereka berada dalam masa birahi. Karena Gajah jantan yang sedang birahi terkadang bisa menjadi agresif. Hal ini cukup membahayakan gajah lain atau pawangnya sendiri jika dibiarkan begitu saja.

Pelatihan serta kegiatan menjinakkan gajah yang ada di Taman Nasional Way Kambas bertujuan untuk membiasakan para gajah berinteraksi dengan manusia serta untuk membantu beberapa kegiatan manusia seperti membajak sawah, mengangkut barang berat, atau sebagai alat transportasi, dan semuanya berlangsung dalam pengawasan para petugas taman nasional, sehingga keamanan gajah dan manusia terjamin.

Taman nasional way kambas adalah taman nasional yang melindungi Gajah Sumatera dari kepunahan serta melakukan kegiatan menjinakkan gajah di sini juga tidak memaksa gajah dengan menggunakan kekerasan dan mereka juga dilatih untuk tidak merusak lahan pemukiman serta menyerang manusia.

Leave a Reply

error: Content is protected !!