Tahun Baru Imlek 2017 – Tempat Wisata Imlek Terbaik Untuk Merayakannya

Tahun Baru Imlek – Bagi masyarakat Tionghoa, Tahun baru imlek merupakan salah satu perayaan terpenting, dimana cara merayakannya amatlah beragam, tergantung adat dan tradisi wilayah masing-masing. Namun yang selalu tidak luput dari perayaan tersebut adalah adanya acara perjamuan makan malam yang dilakukan pada saat malam tahun baru yang biasa dikenal dengan nama Chuxi yang bermakna malam pergantian tahun, serta adanya kemeriahan dengan adanya kelap kelip kembang api yang membuat suasana tahun baru imlek menjadi semakin meriah.

Saat ini di Indonesia tahun baru imlek menjadi bagian dari salah satu hari libur Nasional, yang bermaksud untuk menghormati para masyarakat Tionghoa untuk merayakannya. Kapan tahun baru imlek 2017 ? Untuk tahun 2017 ini, tahun baru imlek bertepatan dengan tanggal 28 Januari 2017 yang jatuh pada hari Sabtu dan berada pada tahun ayam (You). Seperti kita ketahui bahwa tahun baru Imlek kebanyakan akan jatuh pada bulan Januari atau Februari tiap tahunnya. Di Tiongkok sendiri Tahun baru Imlek lebih dikenal dengan sebutan Festival Musim Semi. Di Tiongkok sendiri Festival Musim Semi merupakan hari libur nasional selama satu minggu lamanya dengan puncaknya diakhiri dengan Festival Cap Go Meh. Pada festival Cap Go Meh inilah tarian terkenal berupa Tarian Liong atau lebih dikenal dengan Barong Sai banyak mendominasi di acara festival tersebut.

Jika Anda bersama keluarga ingin merayakan Tahun Baru Imlek sambil menikmati liburan, berikut ini akan kami paparkan beberapa tempat yang cocok untuk Anda dan keluarga merayakan tahun baru imlek sambil menikmati liburan bersama. Agar liburan lancar dan menyenangkan, ada baiknya Anda sudah benar-benar mempersiapkan liburan ini jauh-jauh har sebelumnya, termasuk urusan akomodasi hotel sebagai tempat menginap Anda dan keluarga.

Perayaan Imlek di Semarang

Merayakan Tahun Baru Imlek di Kota Semarang

Kota Semarang merupakan ibukota daerah Propinsi Jawa Tengah, dan terkenal dengan daerah Pecinan sebagai pusat untuk merayakan Tahun Baru Imlek setiap tahunnya. Di Semarang sendiri terdapat 10 buah kelenteng atau tempat peribadatan warga Tionghoa dan kesemuanya berada di daerah Pecinan. Kelenteng terbesar bernama Wie Wie Kong. Sedangkan Kelenteng yang tertua umurnya bernama kelenteng Tay Kak Sie.

Dalam rangka memeriahkan tahun baru imlek di Semarang juga terdapat Pasar Imlek Semawis. Selama sepekan tempat ini akan sangat meriah dan akan ramai dikunjungi. Dalam Pasar Imlek Semawis terdapat beberapa atraksi menarik seperti permainan Wushu khas Shaolin dan permainan Toya khas dari Tiongkok.

Merayakan Tahun Baru Imlek di Kota Singkawang

Seperti kita ketahui bahwa Kota Singkawang merupakan pusat pemukiman bagi warga kebanyakan Tionghoa di Indonesia. Tentu saja tempat ini akan sangat meriah jika Tahun Baru Imlek tiba. Kota ini akan dipenuhi dengan pernak-pernik yang menyolok khas dalam merayakan Imlek. Berbagai acara biasanya juga sudah disiapkan untuk memeriahkan tahun baru Imlek. Kota Singkawang merupakan kota terbesar se Asia Tenggara dalam memeriahkan tahun baru Imlek. Bisa dibayangkan Anda akan sangat puas jika ikut memeriahkan tahun baru imlek di kota Singkawang.

Beberapa acara di Kota Singkawang di antaranya terdapat pawai kendaraan hias pada siang harinya. Jika malam tiba Anda akan takjub dengan adanya ribuan lampion indah yang menghiasi jalan-jalan di Kota Singkawang ini. Seperti biasa di saat Cap Go Meh, tarian liong dan Barong Sai ikut memeriahkan tahun baru Imlek di Singkawang.

Acara lainnya yang menarik adalah adanya ritual tatung, yaitu sebuah ritual dimana terdapat orang seperti kesurupan, yang dipercaya oleh penganut Konghucu itu adalah kesurupan dewa dan dewi.

Perayaan tahun baru imlek barong sai

Merayakan Tahun Baru Imlek di Kota Surabaya

Perayaan tahun baru imlek di Surabaya biasanya berpusat di salah satu kelenteng tertua di Surabaya yang bernama Hong Tiek Hian, yang merupakan tempat peribadatan bagi umat Tao, Konghucu dan Buddha Tri Dharma. Di tempat ini berbagai acara meriah siap menanti Anda.

Disaat tahun baru Imlek tiba, seperti halnya di kota besar seperti Jakarta, mal-mal di Surabaya selalu semarak dengan acara-acara yng sudah disiapkan untuk memperingati tahun baru imlek. Namun jika Anda jauh-jauh hanya ingin ke ml seperti di Jakarta, mending Anda menikmati saja jajanan kuliner yang khas Surabaya.

Kya-Kya Kembang Jepun merupakan salah satu tempat kuliner di Surabaya yang layak untuk Anda coba. Kya-Kya Kembang Jepun berada di kawasan Pecinan di Surabaya, yang dibangun oleh pemerintah setempat dengan meniru gaya China Town di Singapura.

Merayakan Tahun Baru Imlek di Kota Palembang

Di Palembang terkenal dengan kawasan Pecinan Dempo. Dimana untuk memeriahkan tahun baru Imlek, selalu tiap tahunnya diadakan Festival imlek yang meriah dengan pesta lampion hingga pertunjukan Barong Sai. Sebuah kelenteng yang terkenal dan akan banyak dikunjungi adalah bernama kelenteng Dewi Kwan yang terletak di kelurahan 10 Ulu. Di daerah inilah terkenal dengan kuliner empek-empek asli Palembang.

Disaat siang hari, biasanya para warga Tionghoa akan berjalan menuju Pulau Kamaro. Terutama bagi warga Tionghoa yang belum menikah, tempat ini cocok untuk berdoa meminta jodoh.

Merayakan Tahun Baru Imlek di Kota Medan

Perayaan tahun baru imlek di Kota Medan setiap tahunnya sangatlah meriah, seiring dengan semakin berkembangnya komunitas Tionghoa di Kota Medan dan sekitarnya. Terdapat acara Gebyar Imlek Fair yang selalu diadakan setiap tahunnya.

Tempat yang layak Anda kunjungi di Kota Medan adalah Desa Paya Pasir yang berada di Kecamatan Marelan. Di desa ini terdapat benda-benda peninggalan pemukim pertama Tionghoa dari koin-koin kuno hingga banyak pecahan keramik.

Untuk wisata kulinernya, anda tidak boleh melewatkan kue Bakul yang terbuat dari gula dan tepung pulut. Kue bakul melambangkan keharmonisan dan keakraban sesuai dengan tradisi rakyat Tionghoa.

Gerebeg Sudiro perayaan imlek di solo

Merayakan Tahun Baru Imlek di Kota Solo

Perayakan tahun baru imlek di Kota Solo ditandai dengan acara Grebeg Sudiro serta Festival Imlek. Acara Grebeg Sudiro sendiri dilakukan oleh warga pecinan di kampung Sudiroprajan yang mengadopsi acara grebeg gunungan ala kraton Kasunanan Surakarta.

Puncak dari acara Grebeg Sudiro sendiri adalah rebutan hasil bumi dan makanan seperti halnya acara Grebek Suro keraton Kasunanan. Rebutan hasil bumi dan makanan ini bermaknan bahwa manusia yang tidak mau berusaha maka hidupnya tidak akan berkecukupan.

Masalah wisata kuliner di Solo, Sudah tidak diragukan lagi. Banyak tempat-tempat wisata kuliner dengan makanan khas Solo yang lezat seperti Timlo Solo, Nasi Liwet dll. Khusus bagi warga Tionghoa Anda bisa merasakan sate babi buntel yang ada di daerah Tambak Segaran Solo.

Merayakan Tahun Baru Imlek di Kota Bandung

Bandung sebagai kota pelajar dan kota pariwisata, tidak luput juga dimeriahkan dengan acara Kirab Budaya setiap tahunnya dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek. Perayaan itu sendiri akan berpusat di daerah Cibadak dan daerah kecamatan Andir. Biasanya dua tempat ini akan sangat ramai dikunjungi wisatawan di saat tahun baru Imlek.

Jika Anda merayakan tahun baru imlek di Kota Bandung, jangan lewatkan wisata kuliner Kota Bandung yang terkenal.

Merayakan Tahun Baru Imlek di Kota Tegal

Di daerah Jawa Tengah yang memeriahkan tahun baru Imlek dengan acara menarik salah satunya adalah di Kota Tegal yang terkenal dengan warung tegal nya. Di Kota Tegal sendiri terdapat kelenteng terkenal yang bernama Tek Hay Kiong. Di tempat inilah setiap tahunnya diselenggarakan perayaan imlek dengan cara mengundang kelenteng-kelenteng lain di daerah sekitar Kota Tegal.

Anda bisa membayangkan seperti film-film Shaolin dan kungfu, dimana salah satu salah satu perguruan mengundang perguruan lainnya untuk datang. Seperti halnya di Tegal, dimana Kelenteng Tek Hay Kiong memanggil kelenteng di sekitarnya.

Vihara-Dewi-Kwan-Im-Bangka

Merayakan Tahun Baru Imlek di Kota Bangka

Dimana acara menarik memperingati tahun baru imlek di Kota Bangka? Kota Belinyu jawabannya. Di kota Belinyu ini setiap tahunnya selalu diadakan acara pesta kembang api disertai dengan sebuah pawai Barongsai yang menariknya ukuran barongsai tersebut sangatlah panjang.

Di saat malam hari, datanglah ke beberapa pasar rakyat di kota Belinyu. Suasana seakan-akan di Tiongkok akan sangat terasa. Tempat lain yang layak anda kunjungi adalah sebuah vihara di Desa Jelitik yang bernama Vihara Dewi Kwan Im. Di Vihara ini terdapat kolam pemandian serta mata air. Mata air ini dipercaya oleh warga Tionghoa dapat membuat awet muda.

Merayakan Tahun Baru Imlek di Kota Jakarta

Jika Anda ingin tahu tempat meriah saat tahun baru imlek tiba, datanglah ke daerah Petak Sembilan yang berada di daerah Glodok. Suasana disana akan sangat meriah dengan hadirnya lampu lampion serta kue khas asal Tiongkok.

Kelenteng yang ramai akan dikunjungi adalah kelenteng Jin De Yuan atau Kim Tek Le yang berarti kebaikan hati, yang merupakan kelenteng tertua yang ada di Jakarta. Di dalam kelenteng tersebut terdapat sebuah bangunan dengan nama yang seram yaitu Raja Neraka.

Demikian ulasan kami tentang tempat-tempat meriah dalam rangka menyambut tahun baru Imlek yang berada tersebar di daerah-daerah di Indonesia. Jika Anda berencana memeriahkan tahun baru imlek ke luar kota, saran kami rencanakan baik-baik di jauh hari. Agar perayaan imlek dan liburan Anda akan terasa lancar dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!