Infojalanjalan

Spot Diving di Papua Selain Raja Ampat

Spot Diving di Papua – Papua yang terletak di Indonesia bagian timur merupakan salah satu tempat wisata dan bahkan menjadi destinasi utama untuk aktifitas diving. Selama ini mungkin orang hanya tahu Raja Ampat. Memang keindahan laut Raja Ampat tidak perlu diragukan lagi. Raja Ampat sendiri merupakan merupakan gugusan kepulauan yang berada di barat bagian Semenanjung Kepala Burung Pulau Papua. Keindahan bawah laut menjadi daya tarik wisata Raja Ampat. Duniapun mengakuinya.

Akan tetapi, banyak diantara kita yang belum mengetahui jika di Papua juga memiliki beberapa spot tempat kegiatan diving lain yang tidak kalah bagusnya jika dibandingkan dengan Raja Ampat. Lokasi spot diving tersebar dari Provinsi Papua hingga Provinsi Papua Barat. Pasti Anda penasaran dibuatnya. Simak terus ya ulasan kami…….

5 Spot Diving di Papua Selain di Raja Ampat

Kepulauan Padaido

Kepulauan Padaido - kegiatan diving di Papua

Yang pertama adalah Kepulauan Padaido yang terletak di kawasan Teluk Cenderawasi, spot diving ini merupakan gugusan pulau yang berada di sebelah utara Papua. Kepulauan Padaido terdiri dari 30 pulau kecil dan kebanyakan berupa pulau karang. Selain dari pada itu, Kepulauan Padaido juga memiliki keragaman ekosistem koral yang termasuk terbesar di dunia. Jumlahnya pun mencapai 95 spesies koral dan 155 spesies ikan. Disamping terkenal dengan keindahan biota laut, Anda juga dapat melihat bangkai kapal perang saat diving di Kepulauan Padaido.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Diving di Taman Nasional Teluk Cenderawasih Papua Barat

Spot diving di Papua berikutnya adalah terletak di Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Tempat ini merupakan  perairan terluas di Indonesia yang terdiri dari 89,8 persen lautan, 5,5 persen terumbu karang, 3,8 persen pulau-pulau, dan sisanya merupakan pesisir pantai.  Adapun lokasi tempat wisata Teluk Cenderawasih di Papua Barat ini merupakan gugusan pulau-pulau seperti Mioswaar, Nusrowi, Roon, Rumberpon, dan Yoop.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih memiliki 150 jenis karang, 209 jenis ikan, serta 4 jenis penyu. Disini terdapat juga dugong, paus biru, lumba-lumba, serta ikan hiu yang sering terlihat di perairan tersebut. Dengan kekayaan alam laut seindah ini, sudah bisa dipastikan kegiatan diving Anda pasti bertambah seru dan memberikan kesan yang mendalam.

Goa Bawah Laut Wundi

spot diving di Papua - Goa Bawah Laut Wundi

Berikutnya ada di Goa Bawah Laut Wundi. Sesuai nama tempatnya, Anda akan merasakan sensasi cave diving  di goa laut. Anda tidak perlu ke luar negeri, di wilayah Papua ini merupakan rekomendasi spot cave diving yang keindahannya tiada tara. Goa Bawah Laut Wundi letaknya berada di Pulau Wundi, Kabupaten Biak Numfor. Tempat penyelaman memiliki kedalaman berkisar 15 hingga 30 meter. Goa laut sendir terhubung dengan dua lubang yang menjadi pintu masuk dan pintu keluar. Saat menyusuri Goa Bawah Laut Wundi, Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan biota laut nan indah dan keren luar biasa!!

Baca Juga:

Pantai Amai

Diving di Pantai Amai Papua

Spot diving berikutnya yang recommended di Papua bernama Pantai Amai. Destinasi wisata Pantai Amai merupakan area pantai yang menjadi tempat bertemunya air laut dan air tawar. Selain itu, lokasi Pantai Anai yang posisinya tepat di balik Gunung Cyclop membuat pemandangan di Pantai Amai semakin keren. Jadi jika Anda melakukan kegiatan diving di tempat ini, Anda akan disuguhi panorama hutan hujan tropis, menarik bukan….?

Pantai Harlem

Spot diving di papua - pantai Harlem

Spot diving di Papua yang ke 5 ini berada masih satu distrik dengan Pantai Amai, namanya Pantai Harlem. Pantai ini sering disebut sebagai surga tersembunyi di Jayapura. Bagaimana tidak, pasalnya mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan pasir putih dan air laut yang airnya sangat bening. Bahkan, tanpa Anda menyelam, Anda sudah dapat melihat bermacam-macam biota laut tidak jauh dari bibir pantai. Untuk dapat mencapai lokasi Pantai Harlem, Anda dapat menggunakan perjalanan darat dengan lama perjalanan berkisar 2 jam dari Jayapura ke Dermaga Depapre. Dari Dermaga ini kemudian lanjut naik speedboat lebih kurang 15 menit menuju pantai.

Demikian tadi ulasan singkat kami tentang spot diving di Papua yang layak Anda coba selain di Raja Ampat. Anda tidak akan menyesal jika berkesempatan mengunjungi tempat-tempat wisata ini. Jaya selalu wisata Indonesia…!!!

Leave a Reply

error: Content is protected !!