Infojalanjalan

Pantai Bo’a di Pulau Rote, Alangkah Indahmu…

Pantai Bo’a  – Kali ini kita ulas wisata Pantai yang ada di timur Indonesia tepatnya di Nusa Tenggara Timur. Berbicara soal pantai, Indonesia memiliki banyak wisata pantai nan indah dan bahkan menjadi tujuan wisata utama yang selalu menjadi top list destinasi para wisatawan baik lokal maupun luar negeri. Pantai-pantai yang ada di ujung timur Indonesia ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa, salah satunya adalah tempat wisata Pantai Bo’a, pantai indah yang konon mirip dengan pantai-pantai yang ada di Hawaii.

Lokasi Pantai Bo’a

Pantai Bo’a lokasinya terletak di Kabupaten Rote Ndao, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tepatnya di Desa Bo’a, Kecamatan Rote Barat dan berjarak sekitar 7,5 km dari kecamatan setempat.

Ombak Terbesar Kedua Setelah Hawaii

Perlu Anda ketahui, di Pantai Bo’a, lautnya memiliki tujuh kali gulungan, dan ini merupakan gulungan ombak terbesar kedua setelah pantai di Hawaii. Sehingga wajar saja jika Pantai Bo’a dibilang mirip dengan pantai yang ada di Hawaii.

Hal ini pula yang membuat pantai Bo’a menjadi incaran bagi para  peselancar baik lokal dan luar negeri yang penasaran dengan ombak Pantai Bo’a, dan ingin langsung mencoba berselancar di pantai ini. Karena keistimewaannya ini pula, tidak jarang ada kompetisi surfing bertaraf internasional yang digelar di Pantai Bo’a. Biasanya pada bulan Oktober-September, dengan peserta yang merupakanpara peselancar dari seluruh dunia.

Pantai Bo'a di Pulau Rote Nusa Tenggara Timur Indonesia

Gelombang G, demikian sebutan terkenal gelombang laut di Pantai Bo’a, dimana jenis gelombang ini sangat cocok untuk para pegiat surfing, diving dan juga sailing. Ombak di Pantai Bo’a berjenis right hander, yaitu ombak kanan yang berjarak 500 meter dari pantai, dengan arusnya yang super kuat dan juga berbahaya. Untuk para peselancar pemula, sebaiknya berpikir ulang jika berniat untuk mencoba ombak di pantai Bo’a ini, dan untuk kalian yang merupakan peselancar profesional, adrenalin kalian pasti dijamin terpacu saat papan seluncur Anda beradu dengan ombak di Pantai Bo’a ini!

Panorama Pantai Bo’a nan Indah!

Meskipun tidak seterkenal Pantai Nembrala yang berada sekitar 5 kilometer jaraknya dari Pantai Bo’a, Namun Pantai Bo’a layak juga menjadi salah satu destinasi wisata Anda saat Anda berada di Pulau Rote Nusa Tenggara Timur. di sekita Pantai Bo’a belum ada fasilitas umum yang layaknya seperti yang ada di pantai-pantai pada umumnya. Akan tetapi, Anda tetap dapat menikmati keindahan Pantai Bo’a ini dengan maksimal.

Berselancar di Pantai Bo'a Pulau Rote NTT

Bila Anda tidak bisa berselancar, Anda tetap dapat menikmati keindahan pantai Bo’a, karena hamparan pasir putih yang halus dan berpadu dengan birunya air laut, serta semilir angin yang berhembus akan membuat Anda seketika lupa dengan segala kepenatan atau berbagai problem hidup. Apalagi disini masih belum wisatawan yang datang dan suasana sekita Pantai masih sangat sunyi, akan membantu banget Anda yang ingin sekedar menenangkan diri di pinggir pantai!

Kegiatan selain berselancar atau duduk-duduk di pinggir pantai, Anda dapat juga melakukan snorkeling, memancing,atau bahkan Anda dapat mencoba mengunjungi Pulau Ndana, pulau terujung selatan Indonesia dengan menggunakan kapal nelayan. Pokoknya, kunjungan Anda ke Pantai Bo’a dijamin seru banget!

Baca Juga:

Cara Mencapai Pantai Bo’a

Untuk dapat mencapai Pantai Bo’a. Anda dapat menyewa speed boat saat berada di Pelabuhan Kupang menuju Pulau Rote dengan harga tiket Rp120.000 per orang. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menaiki angkutan umum yang bertarif sekitar Rp50.000. Karena saat di Pantai Bo’a nanti sadikit sekali ditemukan para penjual makanan dan minuman, untuk itu sebisa mungkin siapkan bekal untuk di perjalanan saat Anda tiba di Kota Ba’a, ibukota Kabupaten Rote Ndao.

OK, Samapi disini dulu ulasan sinkat kami tentang wisata Pantai Bo’a Pulau Rote nusa Tenggara Timur. Semoga bermanfaat dan Jaya selalu wisata bahari Indonesia!!!

Leave a Reply

error: Content is protected !!