Kawasan Wisata Mandeh Sumatera Barat

kawasan wisata Mandeh Sumatera Barat

Kawasan wisata mandeh – Jika Anda sedang berkunjung ke daerah Sumatera Barat, akan banyak tempat wisata di Sumbar yang akan Anda temui. Dibayangan Anda pasti terlintas Jam Gadang, Goa Jepang  di Bukit Tinggi, Danau Singkarak, Danau Maninjau, Istana Pagaruyung di Batu Sangkar, untuk wisata pantai ada Pantai Padang, Pantai Air Manis dan beberapa tempat wisata lainnya yang sudah banyak dikenal.

Untuk wisata pantai di Sumatera Barat, Kawasan Wisata Mandeh (Mandeh Resort) mungkin belum banyak yang mendengarnya. Padahal kasawan wisata ini sangat potensial sekali untuk dikembangkan menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Sumatera Barat, bahkan keindahan kawasan wisata Mandeh bisa disandingkan dengan tempat wisata Raja Ampat di Papua. Sehingga banyak yang menyebut Kawasan Wisata Mandeh sebagai Raja Ampatnya Sumatera.

Mandeh adalah kawasan wisata yang letaknya di Kecamatan Koto XI Tarusan berbatasan dengan Kota Padang. Kawasan wisata Mandeh memiliki luas lebih kurang 1800 Hektar, dari Kota Padang berjarak kurang lebih 56 kilometer dan bisa ditempuh selama 56 menit. Sebenarnya di Kawasan wisata Mandeh ini di dalamnya terdapat satu pulau yaitu pulau Cubadak, dimana pulau ini sudah dikembangkan sejak lama oleh investor asing dari Italia yang terkenal dengan Cubadak Paradiso, pulau ini sudah lama menjadi salah satu tujuan wisata turis internasional. Untuk itu Kawasan Wisata Mandeh sangat menjanjikan untuk dikembangkan dan  dijadikan tujuan investasi wisata.

Untuk mencari hotel di sekitar Sumatera Barat, gunakan link berikut ini :
Cari Hotel di Sekitar Sumatera Barat
Temukan hotel dengan HARGA PROMO

Satu waktu kami pernah mengunjungi Kawasan Wisata Mandeh, dimana sebelumnya kami telah mengunjungi beberapa tempat wisata di Sumatera Barat lainnya, seperti, Jam Gadang, Goa Jepang, Great Wall di Bukit Tinggi, kemudian dilanjutkan menuju Danau Maninjau, kemudian tidak lupa bertandang ke Istana Baso Pagaruyung di Batu Sangkar serta Danau Singkarak. Tidak lupa juga kita mampir untuk melihat karya megah kelok sembilan di Payakumbuh sambil mampir ke Lembah Harau (Harau Resort). Tujuan akhir kami pada saat itu dan ini yang kami rasa paling seru adalah saat mengunjungi Kawasan Wisata Mandeh (Mandeh Resort), yang memang ini kali pertama kami mengunjungi tempat wisata tersebut.

Berangkat dari Padang di pagi hari langsung menuju ke arah Painan untuk mencapai Puncak Mandeh. Dimana dari Puncak Mandeh kita bisa melihat keindahan panorama Kawasan Wisata Mandeh yang indah dan mempesona.

Puncak Mandeh Sumatera Barat

 

Setelah puas melihat panorama Kawasan Wisata Mandeh dari Puncak Mandeh sambil ber selfi ria, kita tidak melewatkan kesempatan untuk menikmati langsung Wisata Mandeh dengan menggunakan perahu/ kapal mesin wisata untuk menuju titik-titik wisata yang ada di Kawasan Wisata Mandeh (Mandeh Resort) yang ditawarkan oleh pemandu wisata disana. Ada tiga macam perahu yang siap mengantar Anda berkeliling di Kawasan Wisata Mandeh. KM Octopos, KM Wonderful Mandeh dan KM Gusman Wisata

Beberapa titik wisata di Kawasan Wisata Mandeh yang bisa Anda kunjungi adalah Pulau Pasir Putih, Pulau Setan, Pulau Sironjong Ketek, Pulau Sironjong Gadang, Pulau Marak, Hutan Mangrove/Bakau, Sungai Gemuruh, Sungai Nyalo, Taluak Sikulo, Bangkai Kapal Boelongan Newderland, Pulau Pemutusan dan Pagang, Pulau Batu Kalang Indah dan Pulau Cubadak. Untuk Pulau Cubadak, kita hanya bisa melewati dan melihat dari kejauhan sambil naik perahu saja, karena untuk mencapai pulau tersebut kita harus booking khusus melalui manajemen pengelola pulau Cubadak.

Pulau Cubadak Mandeh Sumatera BaratPulau Cubadak Mandeh Sumatera Barat

Kami tidak sempat mencapai semua titik-titik wisata tersebut, mengingat waktu yang sangat terbatas. Yang pertama kita kunjungi adalah Pulau Pasir Putih. Disini terlihat merupakan pulau yang masih perawan. Terlihat masih sangat alami dengan pasir pantai yang putih dan air laut yang bening. Hampir kelihatan pulau ini tidak berpenghuni, sehingga terlihat sepi saat kami berkunjung.

 

Pulau Pasir Putih Kawasan Wisata Mandeh

Perjalanan kami berikutnya di Kawasan Wisata Mandeh adalah menuju Pulau Setan. Entah kenapa pulau ini dinamakan Pulau Setan. Di Pulau ini justru terdapat banyak atraksi untuk uji nyali, seperti speedboat, perahu pisang (banana boat), memancing, snorkeling dan lain-lain. Untuk Anda yang membawa anak-anak pastilah akan merasa seru berada di pulau ini.

Pulau Setan Kawasan Wisata Mandeh Sumatera Barat

Perjalanan berikutnya yang tidak kalah seru adalah ketika kita menuju Pulau Sironjong Ketek. Daya tarik disini, selain kita bisa melakukan kegiatan snorkeling untuk melihat keindahan terumbu karang, terdapat atraksi uji nyali, melompat dari batu dengan ketinggian 15 meter.

Sironjong Ketek Kawasan Wisata Mandeh Sumatera Barat

Perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri hutan mangrove atau hutan bakau untuk menuju ujung dari hutan ini yaitu Sungai Gemuruh. Di sungai ini kalau Anda berminat bisa mandi sejenak untuk melepas lelah dan panas. Selesai dari sungai Gemuruh, kita kembali menaiki perahu dan melewati hutan Mangrove untuk kembali ke tempat pemberangkatan semula.

Hutan Mangrove Kawasan Wisata Mandeh Sumatera Barat

Demikian info jalan jalan kami di Kawasan Wisata Mandeh Sumatera Barat. Terus bantu lestarikan bumi kita sehingga keindahan seperti di Kawasan Wisata Mandeh ini tetap lestari dan tak akan pernah sirna.


Artikel menarik lainnya :

Tempat Wisata Pacitan yang mempesona
Tempat Liburan di Jakarta untuk keluarga

Incoming search terms:

  • penginapan di pulau mandeh
  • pulau mandeh painan
  • Mandeh
  • pulau mande
  • pulau mandeh
  • wisata mandeh
  • Mandeh resort
  • harga penginapan pulau mandeh
  • puncak mandeh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!