Infojalanjalan

Desa Wisata Wukirsari, Surganya Batik, Kekayaan Budaya Indonesia

Desa Wisata Wukirsari –┬áBatik merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang sudah lama dikenal hingga mancanegara. Melihat artis luar negeri mengenakan batik, kita semua merasa bangga akan warisan budaya yang luar biasa ini. Namun, kebanggaan terhadap batik tidak hanya bisa diwujudkan dengan mengenakannya. Salah satu cara unik untuk mengekspresikan kecintaan terhadap batik adalah dengan belajar membatik secara langsung di desa penghasilnya.

Inilah yang ditawarkan oleh Desa Wisata Wukirsari, sebuah destinasi wisata yang terletak di Bantul, D.I. Yogyakarta. Desa ini telah lama dikenal sebagai salah satu pusat pembatikan terkemuka di Indonesia. Prestasi mereka dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, di mana mereka meraih Juara 1 dalam Kategori Desa Wisata Maju, serta meraih rekor MURI sebagai desa wisata dengan jumlah pengrajin batik terbanyak, semakin menegaskan keunggulan mereka.

Apa saja yang bisa Anda temukan di Desa Wukirsari?

Belajar Memproduksi Batik di Desa Wisata Wukirsari

Belajar membatik di Desa Wisata Wukirsari

Desa Wisata Wukirsari terletak sekitar 17 kilometer di sebelah selatan pusat Yogyakarta. Desa ini telah fokus pada pengembangan pendidikan wisata dan ekowisata sejak tahun 2007. Seluruh pengelolaannya dikelola oleh masyarakat setempat. Proses membatik di desa ini terpusat di Dusun Giriloyo, Karang Kulon, dan Cengkehan. Di sini, Anda akan menemukan sekitar 600 pengrajin batik yang siap mengajari Anda cara membuat karya seni batik Indonesia yang indah.

Setiap tahun, ribuan hingga puluhan ribu wisatawan mengunjungi Desa Wisata Wukirsari. Mayoritas pengunjung adalah rombongan dari sekolah, perusahaan, dan lembaga lain. Ini merupakan tempat yang ideal untuk mengadakan acara luar kantor atau perusahaan Anda. Di mana lagi Anda bisa merasakan pengalaman membatik di tengah suasana desa yang tenang?

Saat Anda belajar membatik di sini, Anda akan diberikan sehelai kain mori putih dan canting. Para pengrajin batik akan menjelaskan dengan rinci cara membatik dan motif yang akan Anda buat. Setelah melewati proses membatik yang memakan waktu, Anda bisa membawa pulang kain batik karya Anda sebagai kenang-kenangan. Selain itu, Anda juga dapat membeli produk-produk batik mereka secara langsung di Galeri Batik Tulis Giriloyo sebagai oleh-oleh.

Baca Juga:

Beberapa Atraksi Wisata di Desa Wisata Wukirsari

Selain belajar membatik, ada berbagai atraksi wisata lain yang bisa dinikmati di Desa Wisata Wukirsari, mulai dari wisata alam, wisata kuliner, hingga wisata religi. Untuk wisata alamnya, Anda dapat melakukan hiking di Bukit Watu Gagak atau memancing di Embung Imogiri. Selain itu, terdapat juga tempat-tempat wisata religi di Desa Wisata Wukirsari, seperti Makam Raja-Raja Pajimatan dan Makam Sunan Giriloyo.

Pasar Tradisional Sor Jati - Desa Wisata Wukirsari

Jika Anda merasa lapar, Pasar Tradisional Sor Jati adalah tempat yang tepat untuk mencicipi berbagai hidangan kuliner tradisional, seperti pecel kembang turi, soto batok, nasi gudeg, dan masih banyak lagi. Yang membuat pasar ini unik adalah penggunaan koin kayu sebagai alat transaksi, yang dapat ditukarkan dengan uang Anda. Sayangnya, pasar ini hanya buka pada hari Minggu Legi, jadi pastikan untuk memeriksa kalender Jawa agar tidak melewatkan kesempatan untuk mencicipi hidangan di Pasar Tradisional Sor Jati.

Itulah sedikit gambaran tentang Desa Wisata Wukirsari. Jika Anda tertarik untuk belajar membatik di sana, tidak ada tempat yang lebih cocok. Kombinasikan pengalaman belajar membatik dengan atraksi wisata yang menarik, dan Anda akan memiliki pengalaman yang tak terlupakan di desa ini. Selamat mengeksplorasi kekayaan budaya Indonesia di Desa Wisata Wukirsari!

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: