Infojalanjalan

5 Taman Nasional di Indonesia yg Seru Untuk Kegiatan Penjelajahan Hutan

5 Taman Nasional di Indonesia – Indonesia merupakan surganya wisata alam yang memukau, dan sebagian besar keindahan alam ini telah dikonversi menjadi taman nasional. Terdapat sekitar 52 taman nasional di Indonesia, masing-masing dengan karakteristiknya sendiri. Mayoritas taman nasional ini dijadikan wilayah konservasi untuk flora dan fauna khas daerah setempat.

Di antara banyak taman nasional tersebut, ada beberapa yang sebaiknya dimasukkan dalam daftar perjalanan Anda. Ini karena taman nasional ini dianggap sebagai yang terbaik di Indonesia.

Daftar 5 Taman Nasional yang Ada di Indonesia

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur Indonesia

Anda mungkin sudah akrab dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Area taman nasional ini terletak di Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Probolinggo.

Salah satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan di sini adalah pemandangan matahari terbit di Gunung Bromo. Anda juga dapat menikmati pemandangan ini dari Pegunungan Tengger dan Gunung Semeru. Setelah menikmati matahari terbit, Anda dapat menjelajahi lembah Gunung Bromo dengan mobil jeep atau kuda, mengunjungi Pasir Berbisik, mendaki Gunung Semeru, atau berkemah di Ranu Kumbolo.

Taman Nasional Baluran, Jawa Timur

Taman Nasional Baluran, Jawa Timur Indonesia

Taman Nasional Baluran adalah padang savana seluas 27.713 hektar, ditambah 4155 hektar di sepanjang pantai. Ini terletak di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Di destinasi wisata yang sering disebut sebagai “Africa Van Java” ini, Anda dapat melihat berbagai jenis hewan seperti kerbau, burung merak, kijang, macan dahan, kucing hutan, monyet daun, babi kutil Jawa, biawak, tupai, musang, dan lainnya.

Selain itu, ada 155 spesies burung yang terbang di Taman Nasional Baluran, seperti kingfisher, needletails white-throated, dan burung pemakan lebah. Anda dapat membawa teropong untuk melihat burung-burung ini dengan lebih jelas.

Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur

5 Taman Nasional di Indonesia - Taman Nasional Komodo, NTT Indonesia

Salah satu taman nasional Indonesia yang diakui oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia adalah Taman Nasional Komodo. Sesuai dengan namanya, taman nasional yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini adalah wilayah konservasi untuk komodo, spesies purba yang hampir punah. Taman Nasional Komodo terdiri dari tiga pulau besar, yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar.

Selain menjadi wilayah konservasi komodo, Taman Nasional Komodo juga memiliki lautan yang menjadi rumah bagi 80 persen spesies karang dunia dan 40 persen spesies ikan karang. Ini adalah tempat yang sempurna untuk penyelaman bagi Anda yang gemar diving.

Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh dan Sumatera Utara

Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh dan Sumatera Utara Indonesia

Taman Nasional Gunung Leuser membentang di dua provinsi, yaitu Aceh dan Sumatera Utara. Wilayah seluas 830 ribu hektar ini merupakan habitat bagi beberapa fauna khas dari Indonesia. Fauna tersebut seperti gajah, harimau, badak, orangutan serta beruang madu. Jika Anda sedang berkunjung ke Taman Nasional ini, sangat beruntung jika bisa bertemu dengan harimau Sumatera. Untuk pengalaman penjelajahan hutan, Taman nasional ini sepertinya cocok untuk Anda yang memiliki hobi menjelajah hutan.

Baca Juga:

Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah Indonesia - 5 Taman Nasional di Indonesia

Taman Nasional Tanjung Puting adalah rumah bagi berbagai jenis kera, terutama orangutan. Taman nasional ini terletak dekat dengan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, dan digunakan sebagai wilayah konservasi dan penelitian untuk orangutan dan jenis kera lainnya. Anda juga dapat melihat bekantan, kera dengan hidung besar sebagai ciri khasnya.

Saat mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting, Anda akan diajak untuk menyusuri Sungai Sekonyer dengan klotok, perahu tradisional, untuk mencapai Camp Leakey, pusat rehabilitasi untuk primata endemik. Perjalanan ini mungkin memakan waktu hingga tiga hari karena perahunya bergerak dengan kecepatan sekitar 3 km/jam. Namun, Anda tidak akan merasa bosan selama perjalanan karena Anda akan disuguhi dengan pemandangan alam yang memukau dan berbagai jenis hewan yang berlalu-lalang di kawasan tersebut.

Demikian ulasan singkat kami tentang 5 taman nasional yang ada di indonesia yang kami rekomendasikan untuk kegiatan menjelajah hutan yang seru. So, rencanakan penjelajahan hutan Anda ke salah satu Taman Nasional di atas. Salam Wisata Indonesia Jaya.

 

Leave a Reply

error: Content is protected !!